Makna Hari Sumpah Pemuda

Mengingat kembali makna Hari Sumpah Pemuda!

Taukah kamu hari ini, tanggal 28 Oktober 2016 merupakan Hari Sumpah Pemuda? Bahkan Google saja ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda loh!

sumpah pemuda

Pasti kita semua sudah pernah mendengar tentang Sumpah Pemuda, namun mungkin sudah lupa detilnya. Apa sih yang terjadi pada hari ini sekian puluh tahun yang lalu? Yuk kita me-refresh kembali ingatan kita.

Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan dalam kongres ini menegaskan cita-cita akan tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Dalam kongres ini, dibacakan ikrar yang dirumuskan oleh Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, dan diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Ikrar keputusan tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Moehammad Yamin.

sumpah pemuda

Keputusan ini diharapkan dapat menjadi asas untuk setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia. Juga diharapkan agar ikrar keputusan ini disiarkan dalam berbagai surat kabar, dan dibacakan di muka setiap rapat perkumpulan-perkumpulan.

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri belum muncul dalam keputusan kongres pemuda tersebut. Istilah ini muncul setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga ikrar keputusan kongres pemuda tersebut. Kamu bisa melihat ikrar ini tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda di Jakarta Pusat. Penulisan keputusan ini menggunakan ejaan Van Ophuysen:

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedua:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

sumpah pemuda

Semoga semangat kekompakan ini dapat terus dijaga dan diteruskan pada perkumpulan pemuda Indonesia saat ini. Apapun perkumpulannya, intinya kita harus menuju Indonesia yang satu dan solid.

Jangan lupa juga ya untuk mengerjakan misi di point.excite.co.id untuk menikmati pulsa gratis dan hadiah gratis lainnya!

(sumber: Wikipedia)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s