Peraturan Tak Tertulis Menggunakan Transportasi Umum

Perhatikan peraturan tak tertulis ketika menggunakan transportasi umum, yah!

Sebagian besar dari kita semua mungkin adalah pengguna setia transportasi umum. Entah itu kereta, bus, angkot, dan lain sebagainya. Tidak semua peraturan untuk menggunakan alat transportasi tersebut tertulis secara jelas dan detil. Hanya beberapa stiker saja. Padahal, ada beberapa peraturan tak tertulis yang lebih bersifat etikal dan empatikal yang perlu juga kita semua perhatikan:

1) Batuk & Bersin

peraturan tak tertulis

Beberapa yang empatik akan menggunakan masker untuk menghalau bakteri dan kuman yang muncrat ketika batuk dan bersin. Namun ada beberapa yang sama sekali tidak peduli. Mereka bahkan tidak merasa harus tutup mulut ketika batuk dan bersin. Apesnya adalah ketika kita berdiri tepat di depan muka dia. Anjir!

2) Menguap

peraturan tak tertulis

Menguap tidak beda jauh dengan batuk atau bersin. Bedanya ketika batuk dan bersin menyebarkan kuman, kalau menguap menyebarkan bau mulut. Apesnya lagi ketika orang itu juga tidak menutup mulut dan menguap di depan hidung kita dan ketika sedang ramai parah. Kamu tidak ada jalan keluar kecuali menikmati aroma luar biasa tersebut. Bersyukurlah jika kalian tipe penumpang yang selalu memakai masker.

3) Duduk Sesukanya

peraturan tak tertulis

Ini juga salah satu penumpang yang menyebalkan. Meskipun ini merupakan peraturan tak tertulis, cobalah mengerti untuk tidak duduk sesukanya. Apalagi ketika sedang ramai. Ada penumpang yang tetap duduk dengan mengangkat kaki atau membuka kaki dengan sangat lebar hingga orang di sebelahnya kadang tidak muat untuk duduk.

4) Menelepon Sambil Berteriak

peraturan tak tertulis

Sebenarnya sah-sah saja untuk mengangkat telepon ketika di dalam angkutan umum. Namun suaranya, plis. Jika mau berdebat dan ngotot-ngototan mungkin ditunda dulu hingga kamu menemukan lokasi yang lebih private. Selain orang lain bisa menguping, kamu juga mengganggu ketenangan dan kedamaian penumpang lain.

5) Sudah Penuh, Jangan Maksa

peraturan tak tertulis

Okay, kamu sedang buru-buru. Tapi tidak cuma kamu yang buru-buru. Semua orang juga ingin sampai di tujuan dengan segera. Mengertilah jika angkutan umum sudah penuh sesak, jangan dipaksa hingga meluber dan pintu saja tidak dapat tertutup lagi. Selain mengganggu pernapasan dirimu sendiri dan penumpang lain, kamu juga membahayakan keselamatan diri sendiri. Dan nyebelin, tau!

6) Perhatikan Melangkah

peraturan tak tertulis

Ketika berjalan entah dari halte/stasiun naik ke angkutannya atau ketika berada di dalam angkutannya, atau ketika berjalan keluar, perhatikan ke mana kamu melangkah. Eits, bukan hanya perhatikan apakah ada lubang dan sebagainya, tapi perhatikan juga apakah ada kaki orang lain. Banyak sekali yang buru-buru naik atau turun dan tidak peduli menginjak kaki para penumpang lain. Sakit, keleus!

7) Tempat Duduk PRIORITAS!

peraturan tak tertulis

Jaman sekarang, tempat duduk prioritas tidak terlalu untuk prioritas lagi jadinya. Orang-orang yang kecapean merasa lebih penting dan lebih butuh tempat duduk dibandingkan orang hamil dan disabilitas. Jika ingin duduk dengan damai, duduklah di tempat kosong yang tidak untuk prioritas. Jika kamu memilih untuk duduk di kursi prioritas, kamu harus berdiri ketika ada orang yang lebih membutuhkan. Jangan pura-pura tidur ya! Kalian para penumpang lain yang melihat orang-orang semacam itu, jangan ragu untuk membangunkan dan mencolek si penumpang yang pura-pura tidur tersebut.

8) Isi Tempat Kosong Terlebih Dahulu

peraturan tak tertulis

Meskipun bus atau kereta sedang kosong, begitu naik, isilah lokasi di bagian dalam angkutan terlebih dahulu. Jangan berdiri dan mengisi bagian dekat pintu. Selain kamu membuat bus terlihat sangat penuh dari luar, kamu juga memblokir jalan ke lorong dalam.

9) Berdiri Dengan Stabil

peraturan tak tertulis

Memang tidak semua orang memiliki kemampuan menyeimbangkan tubuh dengan sempurna. Terutama ketika bus/kereta mengerem tiba-tiba. Namun, berusahalah! Jangan berdiri dengan bergoyang-goyang atau menyandar ke penumpang lain. Kamu itu berat! Berdiri dengan tegap dan stabil di atas kedua kakimu.

10) Dahulukan Penumpang yang Keluar

peraturan tak tertulis

Ketika angkutan umum tujuanmu telah sampai, jangan buru-buru naik. Dahulukan dulu para penumpang yang turun. Sungguh bodoh jika kamu mendorong dan memaksa masuk ketika penumpang di dalam angkutan mendorong dan berusaha keluar. Kamu hanya menghabiskan energimu dan energi orang lain tentunya. Bersabarlah dan biarkan mereka keluar dulu.

Jika kalian bosan dan butuh distraksi dari orang-orang menyebalkan yang tidak mengerti peraturan tak tertulis ini, yuk download aplikasi atau kerjain misi-misi di point.excite.co.id aja! Nikmati pulsa gratis sama voucher gratisannya!

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s