Cara Jitu Untuk Mencegah Cedera Ketika Olahraga

Mencegah cedera olahraga dengan melakukan hal berikut!

Olahraga memang sangat menyenangkan hingga cedera terjadi. Cedera olahraga yang serius dapat membuat kita menjadi trauma dan enggan melakukan olahraga lagi. Maka itu jika kamu ingin memulai olahraga, perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Beberapa di antaranya:

1) Tidak Boleh Melewatkan Pemanasan

mencegah cedera

Penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Apapun jenis olahraga yang ingin kamu lakukan, entah itu lari, sepedaan, yoga, angkat beban, dan lain sebagainya, penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot sebelum dilatih. Olahraga berat tanpa pemanasan sangat rentan terkena cedera.

2) Tingkatkan Intensitas Olahraga Secara Bertahap

mencegah cedera

Jika kamu ingin meningkatkan intensitas olahraga, lakukan secara bertahap. Jangan melakukan olahraga intens langsung. Apalagi jika kamu melewatkan pemanasan, maka kemungkinan kamu terkena cedera akan sangat tinggi. Selain itu, detak jantung yang tiba-tiba tinggi, jika kamu belum terbiasa, maka bisa terasa sesak dan bahkan bisa pingsan.

3) Push The Limit, But Not Until Your Breaking Point

mencegah cedera

Setelah otot panas dan kamu mulai merasa gelombang semangat olahraga, jangan berlama-lama di zona nyaman. Kamu perlu mendorong limitmu. Hal ini bertujuan untuk selalu meningkatkan kekuatan dan staminamu. Namun hati-hati, kamu perlu terus mendengarkan tubuhmu. Jangan dorong limit hingga breaking point. Ketika sendi atau bagian tertentu sudah sangat capai dan hingga terasa sakit menusuk, segera berhenti dan istirahat sebentar. Banyak yang ingin meningkatkan intensitas dengan melewatkan waktu istirahat. Jika tubuhmu sudah tidak bisa diajak kompromi lagi, beristirahatlah. Karena jika sudah over training, tubuhmu bukannya jadi kuat namun jadi cedera.

4) Jangan Lewatkan Pendinginan

mencegah cedera

Saking capainya olahraga, kadang kita malas melakukan pendinginan. Jangan lakukan hal ini. Pendinginan dan stretching setelah olahraga sangat diperlukan. Mungkin kamu belum merasakan dampak negatifnya dengan segera. Namun lama kelamaan, kamu akan merasa bagian sini situ terasa lebih kaku atau lain sebagainya. Sehingga sesi olahraga berikutnya, tubuhmu akan lebih rentan terkena cedera.

5) Jaga Hidrasi Tubuh

mencegah cedera

Selalu jaga hidrasi tubuh. Jangan sampai lupa membawa minum ketika berolahraga. Di tengah-tengah sesi olahraga, minumlah sedikit air. Selain menambah kekuatan, minum air juga dapat menyeimbangkan pengeluaran cairan dari keringat, membuat tubuh terasa lebih segar.

Jika kalian membutuhkan gerakan pemanasan, pendinginan, stretching, atau high intensity training tanpa alat, kamu selalu bisa mendapatkannya secara gratis dengan download aplikasi tentang olahraga. Jangan lupa juga untuk mengunjungi point.excite.co.id untuk menikmati pulsa gratis dan voucher restoran gratis!

(Referensi: active)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s