6 Tips Agar Tidur Semakin Nyenyak & Berkualitas

Sulit tidur? Ikuti tips berikut agar tidur semakin nyenyak & berkualitas.

Merasa sulit tidur? Semakin bertambah usia, kita cenderung menambah beban pikiran dan tekanan. Hal ini membuat kita selalu tegang dan terburu-buru, dan sulit rasanya untuk istirahat dan melepas. Ini pun membuat kita sulit untuk menikmati tidur yang berkualitas. Namun tidak perlu khawatir, ikuti tips berikut:

1) Tidur dengan Semua Lampu Mati

tidur semakin nyenyak

Pertama, pastikan semua lampu telah dimatikan. Ada beberapa orang yang tidak suka tidur dalam gelap. Namun percayalah, ketika ruangan gelap, tubuhmu akan lebih rileks dan mampu melepas semua ketegangan. Tidur juga semakin lelap dan pembentukan sel-sel baru lebih optimal.

2) Matikan TV & Alat Elektronik Lain

tidur semakin nyenyak

Banyak yang tidur tanpa mematikan TV, laptop, iPhone atau alat elektronik lainnya. Hal ini tidaklah baik. Cahaya dari monitor laptop dan TV memberikan efek sama dengan cahaya matahari, membuat otot-otot tubuh lebih terjaga.

3) Gunakan Penutup Mata Jika Diperlukan

tidur semakin nyenyak

Beberapa orang merasa penutup mata dapat membantu mereka tertidur. Ada beberapa yang menggunakan penutup telinga juga. Jika memang kamu membutuhkan alat bantu tersebut, gunakanlah demi kualitas istirahat yang lebih baik. Pastikan kamu menggunakan penutup mata yang gelap agar tertidur lebih cepat.

4) Gunakan Efek Suara untuk Membantu Tertidur

tidur semakin nyenyak

Saat ini kamu bisa mendapatkan banyak fasilitas penunjang tidur. Contohnya lampu-lampu tidur dan efek suara pembantu tidur. Ada yang merasa tidur dalam suasana hujan deras lebih enak dan lelap, dan lain sebagainya. Saat ini kamu bisa menciptakan efek suara tersebut menggunakan alat tertentu atau dengan download aplikasi tertentu.

5) Perhatikan Bedding & Pakaian Tidur

tidur semakin nyenyak

Perhatikan juga bedding ranjangmu dan pakaian tidurmu. Gunakan bantal yang empuk, selimut yang tebal atau tipis sesuai selera. Orang-orang yang tertidur dalam baju kerja biasanya tidak menikmati tidur yang nyaman dan lelap. Gunakan lah pakaian tidur yang longgar dan nyaman.

6) Tenangkan Pikiran, Bernapas Dalam & Panjang

tidur semakin nyenyak

Ada baiknya juga kamu melakukan meditasi atau relaksasi pernapasan sebelum tidur. Meditasi terbukti dapat menghilangkan tekanan dan membuatmu lebih rileks dan melepas semua ketegangan.

Jangan lupa download aplikasi melalui point.excite.co.id dan nikmati pulsa dan hadiah gratisan!

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s