7 Fakta Unik Tentang Nasi Padang

Yuk simak 7 fakta unik tentang nasi Padang!

Taukah kamu baru-baru ini bule Norwegian menciptakan lagu khusus untuk memuji nasi Padang? Untuk kita mungkin nasi Padang rasanya biasa saja, hanya sebagian besar kuah santan berminyak. Ternyata untuk banyak bule, nasi Padang rasanya sangat original dan unik. Namun tahukah kamu fakta-fakta unik mengenai makanan asli Indonesia ini? Yuk disimak!

1) Beli Bungkus untuk Porsi Lebih Besar

nasi padang

Ini merupakan fakta yang masih menjadi misteri. Kenapa nasi Padang porsinya selalu lebih besar kalau dibungkus dibandingkan makan di resto, meski harganya sama? Namun memang porsi tersebut membesar karena nasi. Jadi seandainya kamu sedang lapar sekali, disarankan membeli nasi Padang bungkus dibandingkan makan di resto.

2) Di Padang Sendiri tidak ada ‘Rumah Makan Padang’

nasi padang

Ada banyak sekali rumah makan Padang yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan tidak terhitung jumlahnya. Kita dapat menemukan rumah makan Padang di hampir semua daerah di Indonesia, kecuali di Padang.

3) Rendang Merupakan Peringkat 1 Makanan Terenak di Dunia

nasi padang

Taukah kamu bahwa Rendang merupakan peringkat 1 dari World’s 50 Most delicious Foods versi CNN. Rendang bahkan mengalahkan sushi, makanan khas Jepang yang juga sudah mendunia. Mau belajar masak rendang? Berikut caranya: http://wp.me/p5guwK-lL

4) Keterampilan Membawa Banyak Piring Sekaligus

nasi padang

Ini merupakan ciri khas banget rumah makan minang. Para pelayannya membawa begitu banyak piring ketika menghidangkan. Tradisi yang sudah berlangsung lama ini tujuannya sederhana saja. Mereka hanya ingin menghidangkan makanan secara cepat dan tidak perlu repot bolak-balik. Padahal bisa pakai meja beroda ya?

5) Di Sumatera, Nasi Padang Merupakan Makanan Paling Terjangkau

nasi padang

Di Jakarta mungkin kita menemukan rumah makan Padang yang sekali makan bisa menghabiskan IDR 20,000 – 30,000. Padahal di Sumatera, nasi Padang merupakan salah satu makanan termurah.

6) Makan Tanpa Sendok & Garpu

nasi padang

Bukan hanya makan makanan Padang, kebiasaan sebagian besar orang Indonesia adalah makan tanpa sendok dan garpu. Mereka langsung mengaduk dan menyendokkan makanan menggunakan jari-jari tangan. Jika kamu makan di dalam rumah makan Padang, kamu akan melihat hidangan air putih di dalam mangkok besi di samping nasi. Ingat, itu bukan kuah atau air minum! Itu adalah air untuk mencuci tangan.

7) Sambal Khas Minang

nasi padang

Makanan Padang selain terkenal dengan sajiannya yang banyak menggunakan santan, juga terkenal dengan sambalnya yang pedas dan gurih. Banyak yang mengatakan sambal Minang di Jakarta tidak seintens sambal Minang di daerah Sumatera. Namun gurihnya serupa, meski tidak terlalu menendang.

Yuk makan nasi Padang! Bosan? Mau coba resto lain tapi tidak suka mahal-mahal? Tukarkan Excite point-mu ke voucher resto gratis. Kamu hanya perlu melakukan misi mudah seperti download aplikasi atau menulis review di point.excite.co.id!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s