Cara Charging Gadget yang Perlu Diperhatikan agar Baterai Awet

Baterai gadget-mu tidak awet? Mungkin kamu tidak memperhatikan cara charging yang benar!

Banyak yang mengeluhkan baterai gadget mereka cepat habis atau rusak. Bahkan ada beberapa yang baterainya menggelembung hingga meledak. Wah, seram! Namun itu benar, bisa saja terjadi jika cara charging gadget-mu keliru. Bagaimana sih cara charging yang tepat? Ikuti tipsnya:

Tidak Membiarkan Baterai Habis Hingga 0%

cara charging

Penting untuk tidak membiarkan gadget-mu hingga 0% atau baterai sama sekali habis. Minimal % daya baterai sebelum di-charge tergantung dari tipe si baterai. Kamu perlu mencari tau lebih lanjut mengenai tipe baterai kamu. Namun secara umum, jangan membiarkan bateraimu hingga di bawah 20%.

Tidak Menggunakan Gadget Selama Charging

cara charging

Ini penting sekali. Ini lah yang membuat banyak gadget meledak atau baterai menggelembung dan sangat panas. Ketika charging, biarkanlah gadget-mu hingga baterainya terisi sebelum menggunakannya kembali. Banyak yang terus menggunakan gadget ketika charging, misalnya untuk memeriksa sosial media, bermain, chatting, atau menelepon. Padahal dengan melakukan hal tersebut, baterai menjadi panas dan lama kelamaan akan merusak gadget-mu.

Tidak Membiarkan Charging Berlangsung Terlalu Lama

cara charging

Ini juga seringkali dilakukan banyak orang, yaitu charging semalaman. Tidak peduli kapan baterai sudah full, mereka baru mencabut charger setelah keesokan paginya. Memang beberapa charger sudah dilengkapi fitur yang dapat memutuskan aliran listrik sendiri setelah baterai mencapai 100%, namun membiarkan ponsel selalu dalam kondisi 100% juga tidak baik.

Tidak Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

cara charging

Meskipun saat ini sudah banyak sekali variasi power bank dengan berbagai varian harga, tetap cara charging terbaik adalah dengan menghubungan charger langsung ke soket listrik. Kamu bisa merasakan sendiri ketika charging menggunakan power bank atau sumber daya selain soket listrik, pengisian baterai akan lebih lambat dan biasanya membuat gadget kita menjadi panas. Hubungkan lah charger langsung ke soket listrik agar pengisian baterai lebih cepat dan aman.

Selain cara di atas kamu bisa download aplikasi di Play Store atau App Store, khusus untuk menghemat daya baterai. Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi point.excite.co.id jika ingin menikmati pulsa gratis, gadget gratis, dan hadiah lainnya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s