6 Manfaat Kopi yang Baik Bagi Tubuh

Ngaku pecinta kopi? Kamu harus tahu manfaat kopi berikut ini!

Sudah menjadi kebiasaan orang pada umumnya bahwa kopi merupakan minuman yang diminum sebagai awal untuk memulai hari. Ada yang berpendapat bahwa kopi tidak baik karena kandungan kafeinnya yang dapat mengakibatkan insomnia dan rasa cemas yang berlebihan. Tapi dibalik itu semua, ternyata kopi memiliki manfaat lain jika diminum dengan porsi ideal. Berikut manfaat kopi yang baik bagi tubuh :

1) Kopi Meningkatkan Kinerja dan Performa

manfaat kopi

Inilah salah satu tujuan mengapa orang minum kopi dipagi hari. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah cepat lelah dan timbul perasaan segar, detak jantung lebih  kencang, dan naiknya tekanan darah.

2) Kopi Mengatasi Perubahan Suasana Hati dan Depresi

manfaat kopi

Sering merasa depresi? minumlah kopi 4 kali sehari. Menurut beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, ternyata manfaat kopi pahit tanpa gula dapat mengurangi depresi sekitar 20 persen. Meminum kopi secara teratur juga dapat memaksimalkan kerja otak menjadi lebih baik.

3) Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan

manfaat kopi

Kafein yang terdapat pada kopi jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dapat membantu dalam menekan nafsu makan. Ini terjadi karena kafein menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan tubuh memproses panas dan energi. Meskipun demikian, cairan harus segera digantikan agar tubuh tidak dehidrasi ya.

4) Kopi Dapat Meningkatkan Memori atau Daya Ingat

manfaat kopi

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi kopi dua cangkir dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Dan yang lebih menarik lagi, sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun atau lebih rutin meminum kopi tiga gelas perhari memiliki performa yang lebih baik pada tes memori dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum segelas kopi perhari.

5) Kopi Dapat Mempercantik Kulit

manfaat kopi

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi yaitu mampu mengatasi masalah penuaan dini, jerawat serta kanker. Selain itu, kopi juga bagus untuk menyuburkan rambut. Caranya dengan membilas rambut dengan seduhan kopi setelah keramas, diamkan beberapa menit lalu bilaslah kembali dengan air bersih.

6) Kopi Mencegah Penyakit Kanker dan Diabetes

manfaat kopi

Dahulu, kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker karena peneliti mengesampingkan faktor lain seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Tapi sekarang kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA. Manfaat kopi lainnya adalah dapat menurunkan resiko diabetes hingga 33 persen menurut studi dari Harvard.

Jadi, bagi kamu yang pecinta kopi ternyata banyak banget ya keuntungannya. Tapi jangan sampai berlebihan karena apapun yang berlebihan pasti tidak baik. Tapi kalau kamu ingin berlebihan tetapi tidak merugikan, kunjungi point.excite.co.id! Banyak aplikasi gratis yang bisa buat hari kamu menyenangkan lho!

(referensi : manfaatkopi & doktersehat)

Leave a comment