5 Tradisi Idul Adha yang Unik di Indonesia

Uniknya tradisi Idul Adha di Indonesia yang wajib kamu ketahui!

Bagi umat Islam, sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Adha. Selain melaksanakan sholat Idul adha, Kamu pasti tahu apa yang akan terjadi di hari itu setelah sholat Ied, yup, pemotongan hewan qurban. Sedih dan haru ya saat menghadapi hewan qurban yang akan disembelih, tapi itulah intinya dari Idul Adha, kita harus merelakan apa yang kita miliki dan mengikhlaskannya. dan dengan mengurbankan hewan qurban, dagingnya dapat kita bagikan untuk orang yang kurang mampu. Kamu tahu gak sih, ada beberapa tradisi Idul Adha di Indonesia yang unik, mau tahu bahasan lebih lanjutnya, check this out :

1) Tradisi Jemur Kasur di Banyuwangi

tradisi idul adha

Jemur kasur saat mendekati hari raya Idul Adha merupakan tradisi Idul Adha yang unik yang hanya bisa kamu temukan di daerah Banyuwangi. Biasanya mereka akan menjemur kasur secara bersamaan pada bulan Dzulhijjah. Katanya sih, tradisi Idul Adha ini bertujuan untuk menolak bala dan menjaga keharmonisan rumah tangga tetapi dibalik itu semua juga bertujuan untuk menghormati datangnya bulan haji.

2) Tradisi Grebek Gunungan di Yogyakarta

tradisi idul adha

Tradisi ini sudah lama ada dan menjadi kebiasaan yang digelar kraton Yogyakarta setiap menjelang Idul Adha. Tiga buah gunungan grebek diarak dengan dikawal oleh prajurit dan dua ekor kuda lalu berjalan dari kraton melewati alun-alun utara menuju mesjid. Setelah dibacakan doa, semua warga yang berkumpul bisa mengambil apa yang sudah disiapkan dari gunungan grebek. Konon katanya gunungan grebek yang di perebutkan akan mendatangkan berkah bagi siapa saja yang mendapatkannya.

3) Manten Sapi di Pasuruan

tradisi idul adha

Seperti manten, sapi atau hewan qurban yang akan disembelih akan di rias secantik mungkin. hal ini bertujuan sebagai penghormatan terakhir terhadap hewan qurban. Setelah didandani, sapi dikalungkan dengan rangkaian bunga dan diarak sebelum diserahkan kepada panitia qurban.

4) Tradisi Mudik Warga Madura

tradisi idul adha

Warga Madura melakukan tradisi ini tidak hanya pada saat hari raya Idul Fitri saja. Mereka akan mudik dan mendatangi sanak saudara di kampung halaman saat idul Adha. Saking telah membudayanya tradisi ini, banyak yang mengatakan bahwa tradisi

5) Tradisi Apitan di Semarang

tradisi idul adha

Hampir sama dengan dengan tradisi grebek gunungan, tradisi ini juga mengarak tumpeng dan diakhiri dengan serbuan para warga. Sama saja sih intinya, yaitu menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

Begitulah kira-kira beberapa tradisi Idul Adha yang ada di Indonesia. Mungkin ada tradisi-tradisi lainnya di berbagai daerah yang masih belum diketahui masyarakat luas. Terlepas dari bagaimana pun bentuk tradisinya, semua harus dijauhkan dari hal-hal yang bersifat syirik. Nah, jika kamu ingin mengurbankan hewan, gak mungkin dong uangnya tiba-tiba ada. Kamu harus cari kerja melalui kerja online. Ayo kapan lagi kamu bisa ber qurban dengan hasil jerih payah sendiri!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s