3 Tips Agar Cuaca Panas Tidak Mengganggumu Lagi

Cuaca panas terik kadang menguntungkan, tapi seringnya mengganggu deh!

Kita yang sejak lahir di Indonesia, mungkin sudah sangat terbiasa dengan cuaca tropis. Dua musim yaitu kemarau dan hujan, terkadang tidak terlalu mengganggu sekali. Namun jika cuaca terlalu ekstrim, terutama kemarau ekstrim, rasanya menderita juga. Apalagi kita yang tinggal di ibukota yang pada dasarnya sudah panas. Ketika musim kemarau, rasanya cuaca panas ini sungguh tak tertahankan. Selain menyalakan AC, ada cara lain loh untuk mengakali udara yang menyengat ini. Cekidot!

1) Buat DIY Ice Packs

cuaca panas

Belum banyak yang familiar dengan ice packs di Indonesia. Ice packs atau bungkusan es ini biasa digunakan orang-orang yang tinggal di negara 4 (empat) musim ketika mereka mengalami musim panas / summer atau ketika demam. Tujuannya adalah untuk menurunkan suhu tubuh. Teriknya matahari ketika musim panas di sana dan musim kemarau di sini tidak terlalu berbeda. Jadi tidak ada salahnya kita mencobanya, dong! Mungkin tidak mudah juga menemukan ice pack, tapi kita bisa membuatnya sendiri kok! Mudah banget loh:

  • Dari Air & Spiritus

cuaca panas

Ice pack DIY pertama ini bisa kamu buat dari (1) 2 cups air, (2) 1 cup rubbing alcohol atau sprititus, (3) pewarna makanan (pilih warna yang kamu suka), dan (4) plastik zip lock. Caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu mencampurkan air, spiritus, dan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam plastik zip lock. Kocok-kocok atau aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian tutup plastik zip lock hingga rapat, pastikan plastiknya kedap udara. Kemudian masukkan ke dalam freezer selama 12 jam. Setelah itu kamu bisa menempelkan di ubun-ubun, belakang leher, dan bagian tubuh lainnya ketika panas menyengat. Sangat efektif untuk menyegarkan tubuhmu.

  • Dari Sponge

cuaca panas

Sama fungsinya dengan ice pack pertama, ice pack kedua ini sama efektifnya dengan yang di atas. Perbedaannya hanyalah ice pack kedua ini menggunakan sponge, bukan air. Sehingga kamu tidak perlu khawatir air akan meleleh ke mana-mana, karena sponge akan menyerap airnya. Caranya membuatnya juga lebih mudah lagi. Kamu hanya memerlukan sponge yang basah, masukkan ke dalam plastik zip lock, kemudian bekukan ke dalam freezer. Ketika dibutuhkan, kamu tinggal mengambilnya dan tempelkan sponge ke kepala dan bagian tubuh yang membutuhkan.

  • Dari Beras / Gandum

cuaca panas

Ice pack ketiga ini bisa dibilang lebih tahan lama, dan bisa digunakan sebagai hot pack juga ketika udara dingin. Bahan yang dibutuhkan adalah (1) kain yang berbentuk kantong, atau sarung bantal kecil, atau kaos kaki, (2) beras atau gandum atau biji rami, dan (3) jarum dan benang atau karet gelang. Caranya, masukkan beras, gandum, atau biji rami ke dalam kantong kain atau sarung bantal kecil. Kemudian jahit rapat-rapat atau ikat dengan karet gelang. Namun disarankan untuk menjahit ujungnya agar tidak ada biji-biji yang tumpah keluar dari celah-celah. Kemudian masukkan ke dalam freezer. Keluarkan ketika kamu ingin mendinginkan tubuh. Untuk hot pack, masukkan kantong tersebut ke dalam microwave selama 1-3 menit.

2) Gunakan Kipas Angin USB

cuaca panas

Memang sedikit menarik perhatian dan menarik energi baterai tentunya, namun worth it kok! Menggunakan kipas angin USB ini seakan mengantongi kipas angin mini ke mana-mana. Namun jika kamu biasa membawa powerbank ke mana-mana, kamu bisa menggunakannya sebagai sumber daya juga.

3) Jangan Lupakan Kaca Mata Hitam

cuaca panas

Ketika matahari terlalu terik dan menyengat, penting untuk menggunakan kaca mata hitam. Bukan hanya untuk bergaya, loh! Kaca mata hitam penting untuk melindungi mata kita, terutama bagian kornea dan retina yang rentan dengan cahaya yang terlalu terik. Maka itu, pilihlah kaca mata hitam yang memang berguna untuk mengurangi kekuatan terik cahaya, bukan untuk lucu-lucuan semata.

4) Bekukan Sprei, Sarung Bantal, dll

cuaca panas

Jika kamu menggunakan AC setiap malam, maka tidak perlu repot-repot melakukan hal ini. Berbeda jika AC-mu sedang rusak, atau kamu sedang liburan ke luar kota yang tempat menginapnya tidak menyediakan AC, maka kamu bisa menggunakan trik ini. Cobalah untuk membekukan sprei, sarung bantal, dan kaos kakimu. Namun ingat untuk melipat dan meletakkan ke dalam plastik zip lock terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam freezer. Kamu akan tidur dengan bahagia dan adem rasanya.

5) Gunakan Lidah Buaya Untuk Kulit Terbakar

cuaca panas

Tips ini khusus ketika bagian tubuhmu terbakar terik matahari. Untuk segera menyembuhkannya, kamu bisa menggunakan lidah buaya. Bekukan lidah buaya terlebih dahulu. Ketika kamu membutuhkannya, belah dan oleskan getahnya ke bagian kulit yang terbakar. Rasanya akan nikmat dan adem sekali, dan kulitmu yang terbakar akan cepat pulih.

Bagaimana? Mudah bukan untuk hidup bahagia dan damai meskipun panas terik dan menyengat. Biasanya yang sering mengeluh panas adalah para pekerja yang harus melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum setiap harinya. Tentu jika kamu tidak tahan lagi, kamu bisa beralih ke kerja online seperti berikut > https://exciteindonesia.wordpress.com/2016/08/24/cara-mendapatkan-penghasilan-tambahan-di-jaman-sekarang/

Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi point.excite.co.id jika kamu ingin mendapatkan pulsa gratis dan hadiah gratisan seru lainny!

(Referensi: huffingtonpost & themakeyourownzone)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s