8 Cara Membedakan Bohong atau Jujur dari Gerakan Tubuh

Mau tau cara mendeteksi kebohongan? Ini dia caranya!

Saat ini seperti yang kita ketahui sekarang ini, kasus Jessica Wongso sebagai terdakwa pembunuh Mirna sedang sangat marak dan dibicarakan di mana-mana. Tidak sedikit yang berkesimpulan Jessica tidak bersalah dan hanya difitnah, banyak juga yang berkesimpulan bahwa Jessica merupakan pembunuhnya tetapi pintar berbohong. Ngomong-ngomong tentang bohong atau jujur, dalam sehari-hari juga kadang sulit untuk kita menentukan apakah lawan bicara kita berbicara yang sesungguhnya atau manipulasi. Yuk kita simak cara mendeteksi kebohongan dari gestur:

1) Berdehem Di Sela Berbicara

bohong atau jujur

Sebenarnya ketika seseorang berbohong, dalam bawah sadar mereka mengerti bawah mereka sedang melakukan sesuatu yang bertentangan dengan yang seharusnya. Rasa “tidak seharusnya dilakukan” ini biasanya menimbulkan beberapa reaksi fisik. Seperti tenggorokan kering, jantung berdetak lebih cepat, berkeringat, dan sebagainya. Orang pada umumnya akan melakukan gerakan tertentu untuk menghadapi reaksi tersebut, atau biasa disebut respon terhadap fight-or-flight stress. Salah satu gestur yang mungkin dilakukan adalah dengan berdehem di sela-sela berbicara untuk mengembalikan tenggorokan yang kering.

2) Menelan Ludah

bohong atau jujur

Sama penjelasannya seperti di poin pertama, menelan ludah merupakan respon yang juga biasa dilakukan ketika seseorang berbohong. Namun biasanya mereka akan menelan ludah dengan usaha lebih karena tenggorokan yang kering. Atau biasanya pada laki-laki, kita akan melihat jelas sekali jakunnya bergerak ke atas dan bawah dengan signifikan.

3) Menggerakkan Rahang

bohong atau jujur

Juga karena respon terhadap fight-or-flight stress berupa tenggorokan terasa kering, orang yang berbohong cenderung membuka sedikit mulutnya dan menggerakkan ke depan-belakang atau kiri-kanan ketika sedang berbohong. Pergerakan rahang seperti itu sebenarnya juga membantu membasahi tenggorokan yang kering.

4) Mata Melirik ke Arah Lain

bohong atau jujur

Mata biasanya mengarah ke arah yang mau kita tuju. Ketika berbohong, biasanya orang tidak menatap mata lawan bicara secara berani. Mereka cenderung melirik ke arah pintu atau jalan keluar terdekat. Hal ini merupakan simbol dari keinginan untuk “melarikan diri” dari kecemasan yang ditimbulkan dari berbohong. Contoh lain adalah melirik jam tangan, menunjukkan tanda bahwa mereka segera ingin mengakhiri pembicaraan yang tidak nyaman untuk mereka.

5) Jari Kaki Mengarah ke Pintu atau “Jalan Keluar”

bohong atau jujur

Sama halnya dengan penjelasan pada poin ke-4, sebagai sinyal atau tanda untuk melarikan diri juga terlihat dari arah jari kaki. Mereka biasanya secara tidak sadar terarah ke pintu atau jalan keluar terdekat. Hal ini mengisyaratkan bahwa mereka ingin segera “keluar” dari situasi yang tidak nyaman.

6) Jarang Menggunakan Gestur untuk Berusaha Menjelaskan Sesuatu

bohong atau jujur

Ketika berbohong, orang pada umumnya cenderung tidak menggunakan gestur yang tegas. Mereka antara tidak menggunakan gestur untuk menjelaskan sesuatu, atau menggunakan gestur-gestur yang tidak perlu secara berlebihan.

7) Kepala & Tubuh Bergerak Sedikit ke Belakang

bohong atau jujur

Salah satu reaksi umum orang terhadap kecemasan yang timbul dari berbohong adalah dengan menjauh atau memberi jarak diri sendiri dari sumber kecemasan. Sehingga terkadang, orang yang sedang berbohong cenderung menggerakkan kepala atau tubuhnnya ke belakang (menyandar).

8) Adanya Gerakan “Melindungi” Bagian Pangkal Leher

bohong atau jujur

Ketika berbohong, umumnya orang akan melindungi salah satu bagian yang paling rentan dari tubuh mereka. Salah satu bagian tubuh yang rentan adalah bagian pangkal leher. Sehingga terkadang orang yang berbohong, mereka berbicara sambil menyentuh kalung atau kerah baju atau daerah sekitar area tersebut.

Bagaimana? Mau langsung dicoba pada teman-temanmu? Perlu diketahui ini merupakan tanda-tanda untuk orang pada umumnya. Berbeda lagi ketika orang yang kamu baca memiliki kondisi psikologi yang berbeda atau sedang sakit dan sebagainya.

Nah sekarang jangan lupa kunjungi point.excite.co.id yah! Nikmati pulsa gratis dan hadiah gratis lainnya dari misi-misi sederhana, seperti download aplikasi gratis dan sebagainya. Ini tidak bohong kok!

(Sumber: psychologytoday)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s