Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Sakit Maag

Sering sakit maag? Yuk ikuti tips berikut!

Sakit maag merupakan keluhan banyak orang. Selalu ada orang di dekat kita yang punya maag. Entah itu kakak, adik, saudara, ayah, ibu, teman dan sebagainya. Maag terjadi karena meningkatnya asam lambung. Hal ini membuat perut terasa perih tertusuk-tusuk. Semakin tingginya tingkat keasaman lambung, semakin parah sakit yang kita rasakan. Bahkan ada yang sampai harus dirawat dirumah sakit karena maag kronis. Nah biar untuk menghindari dan mencegah sakit maag, ikuti tips berikut:

1) Makan Dalam Porsi Sedikit Namun Lebih Sering

sakit maag

Hindari makan sekali-sekali dalam jumlah besar. Melainkan makanlah sedikit-sedikit dan dengan frekuensi lebih sering. Contohnya, makan lah 6x sehari dengan porsi sedikit. Selain itu, hindari langsung berbaring setelah makan.

2) Makan Tepat Waktu, Hindari Diet Puasa

sakit maag

Ini merupakan penyebab banyak orang terkena maag. Mereka puasa dengan mengurangi frekuensi makan atau menunda sehingga terlambat makan. Hal ini akan memicu naiknya asam lambungmu hingga melukai dinding-dinding lambung.

3) Kurangi Makanan yang Mengiritasi

sakit maag

Biasanya makanan yang mengiritasi adalah makanan yang pedas, berlemak, asam, kopi, minuman bersoda, dan lain sebagainya. Namun setiap orang berbeda-beda. Ada yang tidak kambuh meskipun mengkonsumsi makanan tertentu yang sifatnya mengiritasi. Ada yang hanya kambuh dengan makanan tertentu saja. Pelajari lah tubuhmu lebih lanjut. Hindari makanan yang memicu naiknya asam lambungmu.

4) Hindari Alkohol & Rokok

sakit maag

Konsumsi alkohol berlebih akan melemahkan lapisan pelindung di lambungmu. Membuat lambungmu rentan timbul bisul atau teriritasi. Sama halnya dengan rokok, tidak ada yang bagus mengenai rokok tembakau. Rokok juga dapat meningkatkan asam lambung, memperlambat penyembuhan luka di lambung, dan meningkatkan risiko terkena kanker lambung.

5) Hindari Stress & Depresi

sakit maag

Satu hal yang ternyata juga andil dalam meningkatnya asam lambung adalah perasaan tertekan, stress, dan depresi. Kita bisa merasakan sendiri ketika sedang tertekan, misalnya dikejar deadline ketat atau ketika sedang terlalu hectic dan stress, tiba-tiba perut kita terasa perih atau mulas. Itu pertanda bahwa asam lambung kita naik. Maka itu, santai saja dan rileks…..

Jangan lupa untuk cek point.excite.co.id untuk download aplikasi gratis agar lebih rileks. Karena sebagai hadiahnya, kamu bisa mendapatkan pulsa gratis dan hadiah gratisan lainnya loh!

(Referensi : healthxchange)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s