Tips Aman Berkendara Untuk Perempuan

Untuk para perempuan, yuk pelajari tips aman berkendara di bawah!

Saat ini, perempuan berkendara sudah sangat wajar. Tidak ada yang aneh dengan hal tersebut, terutama di kota besar seperti Jakarta. Berbeda dari jaman dahulu di mana laki-laki lebih diutamakan dalam membawa kendaraan dan wanita lebih ke “ikut saja”. Saat ini pemikiran tersebut sudah tidak jamannya lagi. Namun, satu pemikiran umum yang sedang tren adalah bahwa pengendara perempuan sering kali tidak aman berkendara. Selain membahayakan diri sendiri, banyak pengendara perempuan yang juga membahayakan pengendara lain. Untuk menghindarinya, berikut ini tips aman berkendara :

1) Gunakan Semua Perlengkapan

aman berkendara

Coba deh, berapa banyak dari kita yang sering melihat perempuan (maupun laki-laki) yang tidak mengenakan helm atau pelindung kepala ketika mengendarai motor? Banyak sekali. Kebanyakan alasan tidak menggunakan karena malas, lupa bawa, atau merasa akan merusak tatanan rambut. Padahal tidak mengenakan salah satu perlengkapan keamanan bermotor ini bisa berakibat fatal. Sama halnya ketika mengendarai mobil, gunakanlah sabuk pengaman atau seat belt.

2) Kuasai Rambu-Rambu & Etika Berkendara

aman berkendara

Hal ini adalah hal yang paling sering dikeluhkan banyak pengendara. Terutama pengendara ibu-ibu. Kerap kali mereka tidak memperhatikan rambu-rambu dan etika berkendara. Contohnya memasang lampu sein ke kiri padahal mau belok ke kanan, berjalan pelan di sisi jalan bagian kanan (padahal kanan merupakan jalur cepat), memotong tanpa tanda-tanda, berhenti tiba-tiba, dan lain sebagainya. Hal ini selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain. Untuk itu, pelajari dan kuasailah rambu-rambu dan etika di jalan raya agar aman berkendara.

3) Waspada di Tempat Parkir

aman berkendara

Hal ini bukan sesuatu yang dikeluhkan oleh pengendara lain, melainkan dari banyaknya kasus kriminal terhadap pengendara perempuan di tempat parkir. Biasanya, sehabis belanja atau jalan-jalan di mall, perempuan masuk ke dalam mobil tanpa menguncinya terlebih dahulu. Ditambah lagi banyaknya aktifitas di dalam mobil yang dilakukan sebelum mereka menyalakan mesin mobil. Hal ini bisa menjadi mangsa yang lezat bagi para kriminal.

4) Jaga Barang Berharga

aman berkendara

Meskipun ketika kamu terburu-buru, jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Bahkan meninggalkan tas sekalipun bisa memancing para kriminal untuk melakukan hal jahat. Selalu bawa atau sembunyikan barang berharga di tempat yang tidak terlihat dari luar.

5) Hindari Bermain Smartphone Sambil Berkendara

aman berkendara

Tips aman berkendara yang paling penting adalah hindarilah bermain smartphone sambil berkendara. Taukah kamu tingkat kematian karena kecelakaan meningkat drastis sejak smartphone muncul dan kebiasaan buruk texting while driving. Pria maupun wanita bertanggung jawab untuk tidak melakukan kebiasaan buruk ini karena bisa membahayakan banyak pengendara lainnya.

Ingat ya, bertanggung jawablah jika kalian ingin berkendara. Jika kalian ingin main, lebih baik menepi terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk kunjungi point.excite.co.id untuk download aplikasi gratis dan nikmati pulsa gratis dan hadiah gratisan lainnya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s