Dampak Obesitas yang Tidak Sepele

Jangan sepelekan dampak obesitas!

Obesitas bisa ditentukan dari banyak cara. Dari BMI (Body Mass Index), perhitungan body fat, dan banyak hal lain. Banyak atlit dan bodybuilder yang tidak setuju dengan perhitungan BMI. Karena mereka memiliki berat yang sama seperti orang obesitas, namun berat tersebut berasal dari otot. Obesitas yang dianggap sangat serius adalah jika berat badan mereka mengandung body fat atau lemak yang berlebihan. Dengan menu makanan seperti sekarang, obesitas mudah sekali terjadi. Berhati-hatilah, dampak obesitas itu sangat serius!

1) Stroke & Penyakit Jantung

dampak obesitas

Salah satu dampak obesitas adalah akan meningkatnya tekanan darahmu. Hal ini dikarenakan tumpukan lemak berlebih menyempitkan pembuluh darah dan mengentalkan darah. Ini bukanlah kondisi yang aman. Kamu bisa terserang penyakit jantung atau stroke kapan saja. Ketika lemak menyumbat pembuluh darah di otak, kamu akan terkena serangan stroke. Jika penyumbatan terjadi di jantung, maka kamu akan terkena serangan jantung.

2) Diabetes Tipe II

dampak obesitas

Sebagian besar penderita diabetes tipe II merupakan orang-orang yang obesitas. Apalagi jika kamu tidak mengubah gaya hidup dan tetap makan berlebihan dan mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak. Komplikasi yang dimiliki orang yang obesitas akan sangat meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Hati-hati! Lebih baik ubah gaya hidup sekarang sebelum menyesal.

3) Komplikasi

dampak obesitas

Sama seperti merokok, tidak ada dampak positif dari obesitas. Jika kamu obesitas, kamu akan berisiko terkena banyak komplikasi penyakit. Contohnya penyakit sendi, kulit, masalah di hati dan pankreas, ginjal, tekanan darah tinggi, kolestrol, dan lainnya. Komplikasi tersebut akan memperparah keadaanmu ketika kamu terkena penyakit tertentu.

4) Depresi

dampak obesitas

Kebanyakan orang yang obesitas merasa tidak percaya diri dan minder. Hal ini dapat berujung ke depresi atau perasaan tertekan karena ketidaksukaan terhadap diri sendiri. Selain itu, salah satu dampak obesitas adalah mengalami gangguan tidur serius yaitu sleep apnea. Jika kualitas tidur terganggu, maka risiko terkena depresi dan kecemasan semakin tinggi. Selain itu, sleep apnea ini juga berisiko kematian mendadak loh!

5) Masalah Reproduksi

dampak obesitas

Kebanyakan wanita yang obesitas akan mengalami gangguan kesuburan karena hormon tidak stabil. Ketika belum terjadi pembuahan pun, siklus menstruasi wanita obesitas sering tidak lancar. Hal ini karena siklus pembentukan sel telur menjadi tidak sehat. Ketika terjadi pembuahan pun, janin akan sulit berkembang dan sangat rentan mengalami keguguran. Sama halnya dengan laki-laki yang obesitas, kualitas sperma yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus karena hormon tidak stabil.

6) Kanker

dampak obesitas

Obesitas sangat berisiko terkena banyak jenis kanker. Sebut saja kanker usus, kanker payudara, kanker kantung empedu, kanker rahim, kanker ginjal, kanker kerongkongan, kanker pankreas, dan sebagainya. Seperti yang dijelaskan di atas, komplikasi yang dimiliki orang obesitas akan memperparah satu penyakit.

Belum terlambat untuk mengubah gaya hidup. Ayo segera perbaiki dietmu dan rutinlah berolahraga. Selain itu, tetap kunjungi point.excite.co.id ya! Kamu bisa menemukan berbagai aplikasi gratis dan melakukan misi sederhana untuk mendapatkan pulsa gratis, voucher belanja, hingga gadget gratis!

(Referensi : WebMD)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s