Apa Yang Terjadi Ketika Kita Berhenti Olahraga?

Berniat berhenti olahraga? Ini yang akan terjadi pada tubuhmu!

Memang benar bahwa terlalu sering olahraga tidak selalu bagus untuk kesehatan. Seperti yang pernah diulas di sini: http://shop.excite.co.id/blog/terlalu-sering-olahraga-tidak-selamanya-bagus-loh/ bahwa olahraga harus seimbang. Namun bukan pula berarti kamu memperbolehkan kemalasanmu untuk terus menghindari waktu-waktu olahraga. Karena jika kamu berhenti olahraga terlalu lama, dampaknya juga tidak baik. Berikut ini adalah dampak dari berhenti olahraga atau detraining terlalu lama:

Meningkatnya Tekanan Darah

berhenti olahraga

Tekanan darahmu akan meningkat. Kamu bisa membuktikannya sendiri. Hari-hari ketika kamu rutin berolahaga akan membuat tekanan darahmu normal seimbang, dan akan meningkat ketika kamu berhenti berolahraga. Hanya dalam waktu 2 minggu saja, pembuluh darah akan beradaptasi dengan metabolisme yang melambat akibat perubahan gaya hidup ini. Dalam waktu satu bulan, pembuluh arteri dan vena yang menjadi lebih kaku akan mengkondisikan meningkatnya tekanan darah.

Meningkatnya Gula Darah

berhenti olahraga

Normalnya, gula darah akan meningkat setelah kamu makan, dan disedot kembali ketika otot dan jaringan lain membutuhkannya untuk menjadi energi. Namun jika kamu berhenti olahraga dalam waktu 5 hari saja, gula darah yang meningkat sehabis makan tersebut akan terus pada levelnya. Jika kamu terus mempertahankan gaya hidup tanpa olahraga ini, maka dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Cepat Kehabisan Nafas

berhenti olahraga

Ketika kamu rajin berolahraga, paru-paru akan terbiasa dan terlatih untuk menyerap oksigen yang banyak untuk menyalurkannya pada otot dan jaringan lain yang membutuhkan energe. Jika kamu berhenti olahraga dalam waktu 2 minggu saja, kapasitas paru-paru akan menurun. Kemampuan paru-paru untuk menyerap oksigen akan melemah, sehingga kamu akan lebih cepat terengah ketika melakukan aktifitas sederhana saja. Misalnya naik-turun tangga, berjalan, atau berlari.

Otot Jadi Layu

berhenti olahraga

Kekuatan atau strength akan bertahan lebih lama dibanding ketahanan atau endurance. Artinya, ketika kamu berhenti olahraga, kemungkinan level kekuatan (strength)-mu tidak terlalu berubah, namun ketahanan (endurance)-mu akan menurun secara signifikan. Namun ini juga bergantung pada seberapa tidak aktifnya kamu. Dalam waktu 2 minggu tanpa gerakan dan olahraga sama sekali, masa otot akan berkurang secara signifikan. Ototmu akan menyusut.

Tubuh Menjadi Lebih Gemuk

berhenti olahraga

Bertambahnya otot akan membantumu membakar lemak. Sehingga menurunnya massa otot akan mengurangi kemampuannya dalam membakar lemak. Ketika kamu berhenti olahraga total selama satu minggu saja, ototmu telah kehilangan potensi pembakaran lemak, dan metabolisme menurun secara drastis. Dalam waktu lebih dari 4 minggu, selain kamu menjadi lebih lemah, persentasi body fat-mu juga akan bertambah.

Kesehatan Mental & Otak Menurun

berhenti olahraga

Balita dan anak-anak saja akan memperlihatkan perilaku yang galak, mudah kehilangan kontrol emosi, bad mood, dan gelisah jika kamu selalu menyuruhnya duduk diam dan tidak aktif. Sama halnya dengan orang dewasa. Olahraga merupakan salah satu kegiatan untuk menyalurkan energi berlebih dan meningkatkan rasa puas terhadap diri sendiri. Jika kita berhenti berolahraga, kita kehilangan penyaluran tersebut. Bukan hanya otot saja, namun bagian tertentu otak juga akan menyusut karena menyusutnya sel-sel saraf yang diproduksi. Selain itu, banyak juga yang lebih mudah terserang depresi dan stress ketika mereka stop bergerak sama sekali.

Untuk itu, janganlah berhenti olahraga secara total. Meluangkan satu hingga dua hari untuk pemulihan itu dianjurkan, namun jangan berhenti total hingga lebih dari satu minggu. Ketika istirahat, kunjungi yuk point.excite.co.id! Lakukan download aplikasi gratis dan nikmati pulsa gratis!

(Sumber: Menshealth & Lifehack)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s