Apa Yang Terjadi Jika Kamu Berhenti Merokok?

Harga rokok naik drastis? Mungkin saatnya untuk berhenti merokok!

Sudah dengar kabar yang beredar? Harga rokok naik menjadi IDR 50,000 sebungkus loh! Wah wah mungkin saatnya menimbang lagi untuk berhenti merokok, deh. Daripada menghabiskan IDR 50,000 untuk satu bungkus rokok doang, kamu bisa berbelanja bahan makanan dan bisa bertahan hidup beberapa hari, atau ditabung saja. Satu bulan sudah menghasilkan IDR 1,500,000! Lumayan kan! Khawatir apa yang terjadi ketika kamu berhenti merokok? Awal-awal mungkin terasa sulit dan sengsara. Namun berhenti merokok akan memberikan dampak yang jauh lebih baik di kemudian hari, cekidot!

1) Nafas Lebih Plong

berhenti merokok

Ketika kamu berhenti merokok, kamu akan jarang batuk dan dapat bernafas lebih ringan, lega, dan plong. Karena kapasistas paru-paru akan meningkat 10% dalam waktu 9 bulan setelah berhenti merokok. Di usia 20-30an, mungkin tidak terlalu terasa perbedaannya hingga kamu mencoba berlari. Berbeda ketika kamu sudah lansia, akan terasa sekali perbedaannya. Lansia dengan kapasitas paru-paru tinggi akan memiliki masa tua yang sehat, aktif dan tidak mudah sakit. Sedangkan kapasitas paru-paru lemah akan mudah letih dan terengah hanya dengan berjalan beberapa langkah atau menaiki beberapa anak tangga saja.

2) Tubuh Lebih Bertenaga

berhenti merokok

Dalam waktu 2-12 minggu setelah berhenti merokok, sirkulasi darahmu akan membaik dan semakin lancar. Juga meningkatnya sistem kekebalan tubuh, ditambah dengan meningkatnya kapasitas paru-paru dalam menyerap oksigen, membuat tubuhmu lebih bertenaga. Kamu akan merasa lebih mudah dan kuat melakukan aktifitas fisik seperti berjalan, berlari, dan menaiki anak tangga. Meningkatnya kekebalan tubuh juga membuatmu lebih kuat memerangi flu, sakit kepala dan penyakit lainnya.

3) Tidur Lebih Nyenyak & Stress Berkurang

berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab sleep apnea atau gangguan tidur. Sehingga jelas dengan berhenti merokok, kualitas tidurmu akan meningkat. Pelajari lebih lanjut mengenai sleep apnea di sini > http://wp.me/p5guwK-sm

Selain itu, mungkin beberapa dari kalian justru tidak berhenti merokok karena merasa stress berkurang karena rokok. Padahal efek menenangkan dari nikotin hanyalah bersifat sementara. Nikotin bukan termasuk obat untuk meredakan stress. Malahan tingkat stress orang yang berhenti merokok akan menurun dibandingkan saat mereka masih merokok.

4) Meningkatkan Kesuburan

berhenti merokok

Orang yang tidak merokok akan lebih mudah hamil. Ini karena kualitas sperma dan rahim membaik setelah berhenti merokok. Ketika pembuahan terjadi, maka kemungkinan untuk menghasilkan bayi yang sehat dan kuat lebih besar ketimbang pasangan yang merokok.

5) Tampak Lebih Muda

berhenti merokok

Perokok berat akan terlihat jauh lebih tua dari usianya, karena merokok mempercepat penuaan dan buruk untuk kulis. Sebaliknya jika kamu berhenti merokok, penuaan dapat diperlambat dan kulitmu akan semakin sehat, dan keriput dapat berkurang. Karena kebutuhan kulit akan oksigen terpenuhi ketika kamu berhenti merokok.

6) Gigi Lebih Putih & Nafas Lebih Segar

berhenti merokok

Jelas sekali. Perokok apapun, berat maupun ringan, mereka cenderung memiliki gigi yang kuning atau hitam dan nafas yang bau asap. Tentu semua ini akan membaik jika kamu berhenti merokok. Nafas akan menjadi semakin segar dan gigi bisa kembali memutih.

7) Panjang Umur

berhenti merokok

Seperti iklan semua rokok yang sudah pasti pernah kita lihat dan baca, bahwa rokok bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Hal ini dicantumkan bukan hanya untuk dekorasi, namun karena memang banyak yang menderita penyakit-penyakit tersebut karena rokok. Sehingga tentu dengan berhenti merokok, kemungkinanmu untuk terjangkit berbagai hal tersebut akan berkurang. Hidup semakin sehat, panjang umur, dan berbahagia.

8) Orang Tersayang Ikut Sehat & Panjang Umur

berhenti merokok

Jika kamu merokok, bukan kamu saja yang akan merasakan dampak buruknya. Orang-orang di sekitarmu juga akan merasakannya karena mereka menghirup asap rokok yang kamu timbulkan. Ini juga tidak kalah berbahayanya dari perokok. Sehingga jika kamu berhenti merokok, bukan saja kamu menunjang kesehatanmu sendiri, namun kamu juga menghindarkan keluarga dan orang terdekatmu dari berbagai penyakit akibat rokok.

Bagaimana? Sudah semakin yakin untuk berhenti merokok? Lagian daripada menghabiskan waktu untuk merokok, mendingkan habiskan waktu untuk melakukan misi di point.excite.co.id! Hanya dengan melakukan download aplikasi gratis atau misi lainnya, kamu bisa mendapatkan pulsa gratis dan hadiah gratisan lainnya.

(Sumber: NHS & Alodokter)

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s