Cara Untuk Tetap Fokus

Mudah terdistraksi dan susah untuk tetap fokus? Ikuti tips berikut!

Fokus dirasa tidak terlalu penting hingga kamu benar-benar membutuhkannya. Kesulitan mempertahankan dan tetap fokus di saat-saat genting sangatlah menjengkelkan dan mengganggu. Untuk itu, ayo ikuti tips berikut:

1)  Hindari Multitasking

tetap fokus

Apapun gender-mu dan usiamu, tidak ada satupun orang yang bisa benar-benar multitasking. Multitasking merupakan kegiatan melakukan banyak aktifitas dalam waktu yang bersamaan. Padahal pikiran kita hanya bisa memproses satu ide per satu ide. Multitasking tidak akan membuatmu semakin produktif atau cepat menyelesaikan pekerjaan, malah akan memperlambat kerjamu karena kamu tidak fokus. Karena ketika kamu mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, kamu membatasi kemampuan pikiranmu untuk fokus sepenuhnya pada satu hal spesifik.

2) Meditasi

tetap fokus

Satu hal penting yang sangat efektif dalam mempertahankan dan tetap fokus adalah dengan rutin bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu latihan untuk memfokuskan pikiran. Mungkin di satu sesi meditasi kamu tidak langsung mahir dalam memusatkan pikiran dan konsentrasi, tetapi practice makes perfect. Satu studi di University of North Carolina menunjukkan pelajar-pelajar yang meluangkan waktu 20 menit setiap hari untuk bermeditasi selama 4 hari berturut-turut, menghasilkan performa lebih baik dalam tes kognitif tertentu.

3) Olahraga Rutin

tetap fokus

Olahraga tidak hanya bagus untuk kebugaran tubuh, namun juga untuk kesehatan otak misalnya pada kapasitas memori dan konsentrasi. Olahraga dapat melepaskan senyawa yang dapat dapat memperbaiki sirkuit memori dan meningkatkan fungsi mereka. Para lansia yang telah menunjukkan tanda-tanda kepikunan juga biasanya disarankan untuk olahraga rutin yang dianggap dapat membantu memperkuat kesehatan otak dan memori.

4) Buat To Do List

tetap fokus

Sejak duduk di bangku sekolah, para guru biasanya menyarankan kita untuk memiliki agenda dan buku catatan tempat kita mencatat to do list. Saran ini masih efektif untuk diterapkan ketika kita dewasa. To do list tidak hanya penting untuk menyusun dan menentukan prioritas kerja, tetapi juga mencegah kita melewatkan hal-hal penting. Hanya mengandalkan memori saja memang tidak salah, tetapi ketika kita sedang sangat sibuk dan terfokus pada hal lain, sangat mungkin untuk melewatkan hal-hal kecil yang penting.

5) Konsumsi Kafein Bila Perlu

tetap fokus

Ketika kita sedang sangat sulit untuk tetap fokus, terkadang sedikit kafein dapat membantu. Kamu bisa mendapatkan kafein dari teh atau kopi. Tetapi jangan berlebihan. Sedikit saja cukup. Sebisa mungkin tidak menggunakan gula atau pemanis buatan tambahan.

6) Latih Otakmu

tetap fokus

Tidak hanya tubuh saja yang perlu dilatih dan olahraga. Otakmu juga perlu, untuk mempertahankan fungsinya dan meningkatkan kemampuanmu agar tetap fokus. Olahraga otak tidak seperti olahraga biasa. Beberapa contoh olahraga otak adalah catur, teka teki silang, sudoku, dan sebagainya.

7) Tidur Cukup

tetap fokus

Kurangnya kebutuhan tidur akan memicu menurunnya kemampuan konsentrasi dan fokus. Sebisa mungkin hindarilah begadang dan penuhi kebutuhan tidur, setidaknya 7-8 jam setiap hari. Berikut ini ulasan lebih detil tentang betapa buruknya efek begadang untuk kesehatan:  https://exciteindonesia.wordpress.com/2016/08/11/sering-begadang-merupakan-racun-untuk-tubuh-dan-pikiran/

8) Kurangi Distraksi

tetap fokus

Ketika bekerja, sebisa mungkin kurangi distraksi. Sosial media dan internet merupakan distraksi terbesar. Oleh karena itu, bekerjalah secara offline jika memungkinkan. Apalagi jika semua notifikasi menyala, pasti akan selalu ada keinginan untuk memeriksa mereka. Hati-hati dengan hal tersebut! Tetap fokus lah pada pekerjaanmu.

Satu lagi distraksi terbesar adalah keinginan untuk belanja. Apalagi jika promo dan voucher diskon bertebaran di mana-mana, misalnya di shop.excite.co.id. Kamu bisa menikmati voucher Blibli dan voucher diskon dari berbagai ecommerce lainnya loh!

(Sumber: Time)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s