Simpan Bahan Makanan ini di LUAR Kulkas

Jangan simpan bahan makanan ini di dalam kulkas, guys!

Baru pisah dari orangtua dan tinggal sendirian di kos-kosan atau apartment? Memasak menjadi pilihan utama bagi kita yang ingin hidup sehat dan hemat. Dalam hal masak-memasak, penyimpanan bahan makanan adalah salah satu hal utama yang perlu diperhatikan. Kita mungkin tidak mengerti benar cara menyimpan bahan makanan tertentu, sehingga semuanya dimasukkan ke dalam kulkas saja. Beres deh! Padahal tidak semuanya menjadi awet dengan dimasukkan ke dalam kulkas. Bahkan ada beberapa bahan makanan yang akan semakin tidak bagus jika kamu simpan di dalam kulkas, antara lain:

Tomat

bahan makanan

Memang benar, menyimpan tomat di dalam kulkas akan membuatnya terlihat lebih segar, fresh, dan tahan lama. Namun, menyimpan tomat di dalam tempat yang dingin akan mengurangi intensitas rasanya dan mengubah teksturnya dalam waktu beberapa hari saja. Lebih baik taruh tomat-tomatmu (masih dengan tangkainya) di atas mangkok berlapis tisu dapur, dan letakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung dengan suhu ruangan.

Semangka

bahan makanan

Semangka atau melon, jika kamu ingin segera memotong dan menyajikannya, simpan di tempat dengan suhu ruangan saja. Ini akan membuatnya semakin mudah dipotong dan tetap juicy. Selain itu, dengan menyimpan semangka di dalam kulkas, ini akan menghilangkan kandungan antioksidan di dalamnya.

Kentang

bahan makanan

Kentang memang sepertinya sejak kita kecil, kita selalu melihatnya di lemari atau bawah meja, di tempat yang gelap. Orangtua atau asisten rumah tangga di rumah tidak pernah meletakkan di dalam kulkas. Sebenarnya kamu hanya perlu meniru saja. Simpan kentang di tempat yang tidak terkena cahaya / gelap, berventilasi, dan kering. Jangan mencuci kentang jika kamu belum akan memasakknya. Jangan menyimpan kentang di dalam kulkas, karena temperatur yang terlalu dingin dan lembab akan mengubah warna dan rasanya.

Bawang (Putih, Merah, Bombay)

bahan makanan

Untuk bawang-bawangan,jangan menyimpannya di dalam plastik yang tertutup rapat di kulkas. Kurangnya sirkulasi dan tempat yang lembab dan dingin akan membuatnya menumbuhkan akar dan membusuk. Juga, jangan menyimpan bawang berdekatan dengan kentang. Gas yang ditimbulkan satu sama lain akan memicu keduanya cepat membusuk. Simpan lah bawang-bawangan di dalam kantong kertas yang telah dilubangi untuk sirkulasi udara. Bawangmu akan bertahan lama dengan cara demikian.

Kopi

bahan makanan

Masukkan kopi ke dalam kulkas hanya jika kamu ingin menyingkirkan bau yang tidak sedap di dalam kulkas. Simpan lah kopi di dalam wadah yang tertutup rapat, kering, dan tidak terkena cahaya langsung. Jangan simpan di dalam kulkas. Karena kopimu akan menyerap bau dari kulkas, teksturnya berubah, menjadi basah, dan mengubah cita rasa orisinilnya.

Madu

bahan makanan

Menyimpan madu yang paling baik adalah di suhu ruangan. Jangan menyimpan madu di dalam kulkas, karena akan mengkristal dan menjadi sangat kental. Ini akan sangat menyulitkanmu ketika kamu ingin mengkonsumsinya.

Oke! Ingat ya, tidak semua bahan makanan perlu atau bagus disimpan di dalam kulkas! Ingat juga untuk cek shop.excite.co.id untuk menikmati berbagai voucher diskon, seperti voucher Blibli dan lainnya!

(Sumber: Buzzfeed)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s