Sering Begadang Merupakan Racun Untuk Tubuh dan Pikiran

Sering begadang untuk kerja di malam hari hingga pagi? Hati-hati!

Biasanya mahasiswa atau pekerja muda, mereka cenderung bekerja atau mengerjakan tugas di malam hari hingga pagi. Memang benar, waktu produktif setiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih fokus dan produktif di pagi hari, ada pula yang lebih fokus di malam hari. Biasanya orang yang lebih fokus di malam hari cenderung memilih bekerja di malam hari, yang akhirnya membuat mereka sering begadang.

sering begadang

Namun hati-hati. Ada baiknya kamu mengurangi kebiasan sering begadang ini. Ternyata kebiasaan begadang itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun pikiran. Berikut ini merupakan sedikit dari sekian banyak dampak kebiasaan sering begadang:

1) Mengganggu Metabolisme Tubuh

sering begadang

Untuk kalian yang memiliki goal untuk mengurangi berat badan atau membentuk otot, kemungkinan kebiasaan sering begadang akan menjauhkanmu darinya. Karena begadang akan mengganggu metabolisme tubuhnya. Tidur yang tidak cukup atau tidak tidur sama sekali akan memicu timbulnya hormon-hormon yang justru meningkatkan nafsu makan dan mengganggu proses pemecahan glukosa. Tidak sedikit juga orang yang menderita diabetes karena sering begadang.

2) Munculnya Kecemasan

sering begadang

Sejak bayi kita disarankan untuk tidur siang dan tidak kurang tidur di malam hari. Balita atau anak kecil yang melewatkan tidur siangnya saja, mereka akan terlihat lebih moody, cenderung sering tantrum dan marah-marah. Efek ini tidak jauh berbeda dari orang dewasa. Kita yang melewatkan tidur malam biasanya akan bad mood, lemas, hilang kesabaran, dan untuk taraf tertentu bisa menimbulkan kecemasan hingga halusinasi.

3) Meningkatnya Gula Darah

sering begadang

Berhubungan dengan poin nomor (1), kebiasaan sering begadang akan mengganggu kerja insulin dalam mengontrol gula darah. Jika tingginya gula darah berlangsung dalam waktu lama, maka kemungkinan besar kamu bisa terkena penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, kerusakan hati, ginjal, dan lainnya. Apalagi jika kamu mengkonsumsi berbagai cemilan ketika begadang.

4) Menurunnya Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

sering begadang

Tentu saja. Jika kita tidak tidur, tentu tubuh menjadi sangat lelah dan kurang istirahat sehingga mudah sekali untuk diserang penyakit. Biasanya pun ketika kita sakit, kita akan merasa kebutuhan tidur bertambah. Jika tubuh tidak fit, kelelahan, dan tidak cukup istirahat, maka pelindung tubuh kita (sistem imun) tidak memiliki cukup tenaga untuk menghalau berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

5) Memicu Timbulnya Jerawat, Keriput & Mata Lelah

sering begadang

Pria ataupun wanita, tidak ada yang menyukai jerawat, keriput, dan mata lelah. Tentu tidak ada yang menyukai terlihat lebih tua dari usianya. Namun kamu harus menerimanya jika memiliki kebiasaan sering begadang. Tidur adalah saatnya sel-sel kulit meregenerasi, sehingga tanpa tidur, kamu tidak membiarkan sel-sel melakukan tugasnya. Alhasil, kulitmu tidak terlihat sehat.

Sesekali begadang mungkin tidak membuatmu mengalami semua dampak tersebut. Namun lama kelamaan, jika kamu konsisten sering begadang terus menerus, maka tinggal menunggu waktu saja hingga berbagai dampak tersebut muncul.

Maka itu, ubahlah kebiasaan, tidurlah yang cukup. Kamu tidak akan menyesal kok! Sama halnya dengan mendaftar di point.excite.co.id, kamu tidak akan menyesal deh! Karena hanya dengan melakukan misi sederhana seperti download aplikasi gratis, kamu bisa mendapatkan pulsa gratis terus-terusan!

(Sumber: Businessinsider)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s