Pengobatan Tradisional Cina yang Populer di Kalangan Atlet

Skeptis dengan pengobatan tradisional cina? Ternyata banyak atlet internasional yang mencoba loh!

Pengobatan tradisional Cina bisa kita temukan di banyak tempat di Indonesia. Tidak banyak dari kita yang skeptis dan tidak percaya dengan keampuhan pengobatan tradisional Cina. Kita cenderung lebih memilih mengunjungi dokter dan rumah sakit. Fenomena ini tidak terlalu berbeda dari masyarakat dunia. Padahal, banyak atlet internasional yang melakukannya loh! Terutama para atlet internasional yang terluka dan tidak kunjung sehat setelah melakukan pengobatan medis, justru sembuh setelah melakukan pengobatan tradisional Cina. Penasaran apa saja yang terkenal di kalangan atlet internasional? Yuk simak di bawah ini:

Akupuntur

pengobatan tradisional

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional Cina yang paling populer. Terutama di kalangan atlet internasional, sebut saja Kobe Bryant, Jason Hammel, Aaron Rodgers, dan lain sebagainya. Untuk cedera tertentu, akupuntur bisa menjadi salah satu opsi pengobatan. Karena akupuntur bisa meringankan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan, juga bisa melepaskan stress dari endorphin yang didatangkan dari jarum-jarum yang ditusukkan tersebut. Luka atau cedera menyebabkan tidak lancarnya peredaran darah dan Qi yang kacau. Qi merupakan kekuatan yang mendukung semua organ, darah, dan metabolisme tubuh. Qi bergerak sepanjang tubuh dalam 12 meridian atau garis yang menghubungkan titik-titik akupuntur, dan 12 organ vital. Akupuntur merupakan salah satu metode untuk membuat Qi mengalir secara normal dan lancar di seluruh 12 meridian tersebut.

(Sumber: Mensjournal)

Bekam

pengobatan tradisional

Bekam atau teknik cupping juga merupakan salah satu pengobatan tradisional Cina yang terkenal. Sesuai namanya, teknik pengobatan ini menggunakan cup atau mangkok-mangkok kecil dan api untuk menyedot kulit di bagian tubuh tertentu, biasanya di bagian punggung. Bekam dipercaya dapat memperlancar aliran darah. Terkadang mangkok-mangkok tersebut digerakkan sepanjang punggung untuk memberikan efek seperti massage atau pijat. Namun banyak yang kurang menyukai bekam karena bekas merah kehitaman yang ditimbulkan di kulit kurang enak dipandang.

(Sumber: Webmd)

Tui Na

pengobatan tradisional

Meskipun tidak sepopuler akupuntur dan bekam, pengobatan tradisional ini juga dilakukan beberapa atlet internasional. Konsepnya sama seperti akupuntur, yaitu untuk memperlancar Qi di 12 meridien tubuh dengan menstimulasi titik-titik akupuntur menggunakan teknik pijatan. Teknik pijatan Tui na juga memberikan efek menenangkan dan meringankan rasa sakit dari cedera, namun kadang bisa terasa sakit juga ketika pijatan mengenai bagian yang bermasalah. Namun banyak yang merasa lebih baik setelah melakukan pengobatan tradisional Tui na ini.

(Sumber: Pakmei)

Qi Gong

pengobatan tradisional

Qigong telah terkenal di Cina sejak ribuan tahun yang lalu. Qigong merupakan latihan terhadap energi tubuh. Filosofi di belakang Qigong adalah untuk menyeimbangkan energi atau Qi dalam tubuh. Berbeda dengan pengobatan tradisional Cina yang lain, Qigong lebih mirip seperti meditasi dan penyembuhan diri sendiri. Teknik meditasi ini dipercaya merupakan akar mulanya bela diri dan penyembuhan tradisional Cina.

(Sumber: Springforestqigong)

Tertarik untuk mencoba pengobatan tradisional Cina? Jika kalian belum berani, bisa pelajari lebih lanjut denga men-download aplikasi gratis mengenai titik-titik akupuntur di Play Store atau App Store. Jangan lupa juga untuk download aplikasi gratis di point.excite.co.id untuk menikmati pulsa gratis terus-terusan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s