Ingin Stamina Kuat Seperti Atlet Olimpiade? Ini Caranya!

Ingin stamina kuat selalu? Berikut tipsnya!

Saat ini berbagai atlet dari seluruh belahan dunia termasuk Indonesia sedang bertanding di acara Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil. Mereka semua bertanding tidak hanya dengan stamina kuat tetapi juga dengan keterampilan yang telah mereka latih di sebagian besar waktu mereka. Bukan hanya medali yang mereka perebutkan, tetapi juga pengakuan dunia terhadap keunggulan mereka di bidang olahraga.stamina kuat

Menyaksikan para atlet internasional bertanding di Olimpiade, terkadang kita bertanya-tanya bagaimana bisa seorang manusia sekuat dan memiliki stamina kuat seperti itu. Namun tidak ada yang mustahil. Kita semua bisa memiliki ketahanan dan stamina kuat juga kok! Jika dilatih dengan sungguh-sungguh dan mengikuti tips berikut, kamu pasti bisa mencapai tingkat ketahanan dan stamina yang kamu inginkan.

Variasikan Olahragamu

stamina kuat

Memang terkadang kita memiliki beberapa jenis olahraga tertentu yang kita suka, dan cenderung melakukannya terus-menerus. Padahal, jika kamu hanya melakukan satu jenis olahraga terus menerus, metabolisme tubuhmu akan menjadi terbiasa dengan hal tersebut. Salah satu kunci untuk terus menjaga ketahanan, kekuatan, dan stamina adalah dengan melakukan beberapa jenis olahraga yang berbeda. Jangan biarkan tubuhmu menjadi terbiasa dengan olahraga yang akan kamu lakukan, sehingga jumlah energi yang dibakar akan sama atau lebih banyak.

Persingkat Waktu Istirahat Antar Set

stamina kuat

Terutama ketika melakukan olahraga beban, kadang istirahat antar set terlalu lama. Apalagi jika kita melakukannya sambil menonton atau ngobrol dengan teman. Jika kamu memiliki tujuan untuk meningkatkan ketahanan dan stamina kuat, maka salah satu caranya adalah mempersingkat waktu istirahat antar set. Di akhir set kamu akan merasakan ototmu lebih terbakar, keringat lebih banyak, dan nafas lebih terengah-engah. Namun tetap dengarkan tubuhmu. Jika sudah terlalu lemas dan sakit, istirahatlah selama yang tubuhmu butuhkan.

Lakukan High Intensity Interval Training (HIIT) Beberapa Kali Seminggu

stamina kuat

Satu kunci jitu untuk meningkatkan ketahanan dan stamina kuat adalah dengan melakukan High Intensity Interval Training (HIIT) minimal 3 kali seminggu. HIIT sangat bagus untuk memperkuat jantung dan nafasmu ketika berolahraga. Ketika semakin lama kamu merasa semakin mudah, tambahkan beban atau tambahan gerakan tertentu, atau kurangi waktu istirahat antar interval. Kamu akan merasakan jantungmu seperti akan meledak.

Jaga Keseimbangan Nutrisi & Tidur Cukup di Malam Hari

stamina kuat

Ini juga merupakan hal yang penting dan berpengaruh besar dalam peningkatan ketahanan dan staminamu. Istirahat dan makan yang cukup. Jika kamu memotong terlalu banyak karbohidrat misalnya, atau hanya makan sayur dan buah saja. Ini tidak akan cukup untuk menutrisi ototmu kembali. Alhasil kamu akan menjadi lemah dari hari ke hari, bukan semakin kuat. Ketika kamu melakukan olahraga berat dan intensitas tinggi, beberapa bagian ototmu rusak dan membutuhkan nutrisi untuk membentuknya kembali. Juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk meregenerasi otot-otot yang rusak. Oleh karena itu, jangan meremehkan gaya hidup yang sehat. Karena ini merupakan kunci pertama menuju ketahanan dan stamina kuat.

Bagaimana, sudah terinspirasi untuk mengubah gaya hidup? Mungkin ini tidak langsung membuatmu menjadi atlet Olimpiade, tapi pastinya membuatmu menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

Butuh aksesoris olahraga atau bahan makanan sehat dan terjangkau? Cek shop.excite.co.id untuk mendapatkan voucher diskon ya! Nikmati voucher Lazada dan kode voucher untuk berbagai ecommerce lainnya.

(Sumber: Mensfitness)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s