Mitos Diet Yang Malah Menaikkan Berat Badan

Mitos diet sekarang bermunculan di mana-mana. Apakah kamu melakukan salah satunya?

Cara dan metode diet semakin bergelimpangan di mana-mana. Semua menjanjikan penurunan berat badan signifikan dalam waktu singkat. Seperti “turun 10 kg dalam waktu 1 bulan”, atau sebagainya. Iklan dan janji seperti ini tentu menarik perhatian dan minat banyak orang yang sedang benar-benar membutuhkan petunjuk diet. Sebelum kalian terbuai dengan berbagai janji palsu tersebut, ada baiknya kamu mengetahui berbagai mitos diet berikut:

“Lakukan kardio saja sebanyak-banyaknya”

mitos diet

Ini merupakan mitos diet yang cukup populer. Latihan kardio baik. Namun latihan kardio saja, tidak lah bagus. Mungkin berat badanmu akan turun drastis, namun ini tidak bertahan lama. Jika kamu ingin menurunkan berat badan untuk jangka panjang, sebaiknya melakukan olahraga yang seimbang. Selain kardio, perlu juga latihan mengangkat beban dan olahraga fleksibilitas seperti yoga atau pilates. Karena yang penting adalah membentuk massa otot, sehingga otot yang terbentuk akan menjadi pembakar lemak alami yang sangat efektif.

“Harus sarapan setiap hari”

mitos diet

Sarapan tidak melulu bagus untuk diet dan menurunkan berat badan. Bahkan sarapan bisa memicu meningkatnya nafsu makan di siang dan malam hari, sehingga total kalori yang kamu asup bisa melebihi asupan yang kamu butuhkan. Biasanya orang yang fanatik dengan sarapan pagi, fanatik juga dengan aturan “tidak makan lagi setelah jam 7 atau 8 malam”. Padahal, kalori yang kamu asup tidak peduli dengan waktu. Intinya jika kamu mengkonsumsi 1500 kalori, kapan pun kamu makan, tetap 1500 kalori yang masuk ke dalam tubuhmu.

“Puasa karbohidrat, makan protein saja”

mitos diet

Ketika kamu mendengar berbagai anjuran mengenai perbanyak asupan protein, bukan berarti konsumsi hanya protein saja. Atau ketika kamu mendengar anjuran mengenai kurangi asupan karbohidrat, bukan berarti karbothidrat jelek dan harus dihilangkan dari dietmu. Protein memang penting untuk menutrisi ototmu yang rusak setelah berlatih. Namun karbohidrat juga sangat penting untuk mengganti energimu yang hilang, karena protein lebih lama dicerna. Jika kamu benar-benar puasa dan anti karbohidrat, maka kamu akan lemas dan tidak kuat lagi untuk latihan selanjutnya yang lebih berat. Metabolismemu menjadi semakin lambat karena kurang energi.

“Asal makanannya sehat, berapa banyak kalori tidak masalah!”

mitos diet

Ini juga merupakan mitos diet yang sangat terkenal. Banyak sekali yang memilih menu salad untuk makan malam, atau buah-buahan saja, atau daging saja atau dada ayam saja. Namun karena merasa “sehat”, mereka makan dalam porsi besar dan berlebihan. Ini sama saja dengan tidak berdiet. Intinya, makanlah dengan seimbang dan tidak berlebihan di satu titik. Kamu membutuhkan semuanya dalam porsi yang cukup.

“Asal kita olahraga, kita boleh makan sebanyak apapun”

mitos diet

Kebanyakan orang yang telah berolahraga berat, setelahnya mereka akan makan dalam porsi besar. Memang benar, biasanya orang yang berolahraga cenderung cepat lapar karena ingin mengganti energi yang baru mereka bakar. Namun jangan berpikir karena olahraga, kamu boleh makan apapun sebanyak-banyaknya. Tetap makanlah dengan seimbang dan secukupnya. Karena olahraga saja, tidak akan membantumu menuju fitness goal-mu. Olahraga dan diet makanan, kombinasi keduanya adalah yang terbaik.

Nah sebelum menghabiskan uang pada metode diet yang aneh-aneh, lebih baik belanja dulu yuk produk-produk kesehatan di shop.excite.co.id! Nikmati berbagai voucher diskon seperti voucher Tokopedia dan lainnya.

(Sumber: WebMD, Womenshealthmag, & Eatingwell)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s