Sering Mengantuk? Ini Cara Jitu Mengatasinya!

Sering mengantuk di kantor, kampus, atau sekolah? Yuk ikuti tips jitu berikut!

Mengantuk merupakan tantangan banyak orang. Tidak hanya karyawan, anak sekolah dan mahasiswa hingga orang segala usia juga pasti berjuang menghadapi rasa kantuk. Sangat menyebalkan sekali ketika kita sering mengantuk di kala kita harus serius bekerja. Terkadang rasa kantuk ini jauh lebih powerful dibandingkan apapun juga, hingga tidak ada rasanya yang bisa mengalahkannya. Ada caranya kok untuk mengatasi rasa kantuk berlebihan. Yuk simak di bawah ini:

Konsisten & Disiplin tentang Jadwal Tidur

sering mengantuk

Kebanyakan orang yang sering mengantuk di siang hari dikarenakan jadwal tidur malamnya yang berantakan. Padahal penting sekali untuk disiplin dan konsisten dengan jadwal tidurmu. Misalnya, tidur malam tidak lebih dari jam 10 atau jam 11 malam, dan bangun pukul 5 atau 6 pagi. Pertahankan jadwal tersebut setiap hari, termasuk di akhir minggu atau liburan. Jika terasa malas bangun, paksa dirimu untuk bangun dan langsung bergerak. Jika malam hari di jam tersebut kamu sulit tidur, usahakan kamu sudah berada di atas tempat tidur, berbaring dengan rileks. Hindari memberikan “pekerjaan” atau distraksi pada pikiranmu meskipun kamu sulit tertidur. Kebanyakan orang membaca, menonton TV, bermain gadget atau laptop, bahkan bekerja di atas ranjang ketika mereka tidak bisa tidur. Hindari hal tersebut. Biarkan tempat tidurmu berfungsi hanya sebagai tempat tidur atau tempat bersantai dan rileks. Jangan memberikan perasaan hectic dan stressful pada tempat tidurmu.

 

Konsumsi Kafein dengan Bijaksana

 

sering mengantuk

Banyak sekali yang segera mengkonsumsi kafein ketika ngantuk melanda. Kafein yang dikonsumsi bisa berupa kopi, teh, atau minuman berenergi. Namun sebenarnya kamu perlu lebih bijak dalam mengkonsumsi kafein. Kafein bisa menjadi baik atau buruk sekali untuk tubuhmu. Kamu bisa konsultasi ke dokter bila diperlukan. Pada umumnya, kafein yang tidak lebih dari 2 gelas sehari di pagi hari tidak terlalu bermasalah dan bisa membantumu tetap terjaga seharian. Lebih dari itu biasanya akan mempersulitmu tertidur di malam hari. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam menghadapi kuatnya kafein.

 

Rajin Berolahraga

 

sering mengantuk

Rutin berolahraga sangat membantu untuk mengembalikan siklus tidur menjadi sehat. Sebelum mengkonsumsi obat-obatan untuk membantumu tertidur, cobalah berolahraga rutin terlebih dahulu. Olahraga sangat efektif untuk memberikan energi di siang hari dan membuat kita lelah dan mengantuk di malam hari. Akan lebih baik jika kamu berolahraga di pagi hari dengan sinar matahari menerpa seluruh tubuh. Namun jika tidak memungkinkan, usahakan olahraga malam tidak dekat dengan waktu tidurmu.

 

Diet & Gaya Hidup Sehat

sering mengantuk

Salah satu faktor besar penyebab sering mengantuk adalah pilihan makanan. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa membuat berenergi dalam waktu singkat, tapi langsung lemas dalam waktu singkat pula. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung sedikit karbohidrat, perbanyak protein, serat, dan mineral. Ketika ingin ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan, pilihlah snack sehat seperti buah-buahan (yang rendah gula), selai kacang, kacang-kacangan, yoghurt, dan sebagainya. Satu hal yang juga bisa berpengaruh dalam siklus tidur adalah nikotin dan alkohol. Mereka berdua ini merupakan stimultans yang bisa mempengaruhi kualitas tidur.

 

Periksa Ke dokter

sering mengantuk

Jika dibutuhkan, kamu bisa mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatanmu lebih lanjut dan konsultasi mengenai masalah sering mengantuk. Dokter akan mempertimbangkan apakah perlu memberikanmu obat tertentu dengan dosis yang ditentukan. Lebih baik jangan langsung membeli obat-obatan tanpa anjuran dokter. Karena jika tidak sesuai, bukannya semakin terbantu, malah akan semakin parah karena tidak tepat sasaran. Terutama jika keluhan sering mengantuk yang kamu memiliki asal lain, misalnya dari penyakit lain yang lebih serius misalnya diabetes. Kamu tidak akan mengetahui hal tersebut hingga memeriksakannya ke dokter.

Jika kamu sering mengantuk, satu hal yang ampuh bikin melek dan bersemangat adalah dengan mengikuti kuis #AgustusExcite! Kenapa? Karena kamu akan mendapatkan hadiah mingguan dengan total hadiah 400,000 point yang bisa ditukarkan ke pulsa gratis, gadget gratis, dan hadiah gratisan lainnya!

Cara berpartisipasi sangatlah mudah, kamu hanya perlu stay tune di sosial media Excite Point (jangan lupa, akun Facebook Excite Point telah berubah menjadi @ExcitePointID ya!), dan:

  1. Follow & Like akun Facebook @ExcitePointID dan Twitter @ExciteIndo
  2. Stay tune & ikuti kuisnya setiap minggu, karena akan ada kuis dengan pertanyaan-pertanyaan seru & asyik.
  3. Pada tanggal 17 Agustus, akan ada kuis spesial Kemerdekaan dengan Grand Prize!

Setiap minggu, akan dipilih 2 pemenang beruntung yang akan mendapatkan masing-masing 25.000 point + Grand Prize kuis spesial Kemerdekaan sebesar 100.000 point untuk masing-masing 2 pemenang! Totalnya 400.000 point! WOW! Ayoo ikutan kuisnya, dan nikmati pulsa gratis, gadget gratis, dan berbagai hadiah menarik dan gratis lainnya!

 

(Sumber: WebMD & Livestrong)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s