Lakukan Aktivitas Relaksasi Ini Ketika Sedang Mumet

Lagi Mumet atau stress? Coba lakukan hal-hal simpel ini untuk membantumu menjadi lebih santai.

Hidup pada jaman sekarang, di kota besar yang padat dan sibuk, mumet dan stress merupakan fenomena yang sering terjadi. Tidak sedikit yang mengaku sedang mengalami stress atau depresi. Terutama mereka yang mendedikasikan banyak dari waktu mereka untuk bekerja dan memikirkan banyak hal yang rumit. Kesibukan setiap hari membuat kita lupa mengenai relaksasi. Rasanya waktu cepat sekali berlalu dan menjadi semakin sempit sehingga kita tidak mau meluangkan waktu sejenak untuk menikmati momen saat ini. Jika kamu sedang bergumul dengan stress dan depresi, yuk luangkan beberapa saat untuk melakukan hal relaksasi berikut:

1) Keluar, Hirup Udara Segar

relaksasi

Ketika benar-benar mumet, letakkan semua pekerjaan dan pergi lah ke luar untuk berjalan kaki sejenak. Berjalan merupakan aktivitas relaksasi yang sederhana dan bisa dilakukan kapan saja. Hirup udara segar, tatap langit yang biru dan cerah, tatap pepohonan dan bunga, dan nikmati saja momen itu. Jangan bermain gadget atau menelepon selama berjalan kaki. Nikmati saja langkah demi langkah. Hingga kepalamu terasa lebih ringan, jalan kembali ke pekerjaanmu. Kamu akan merasa lebih enerjik dan rileks dan siap untuk menangani berbagai hal lainnya.

 

2) Mendengarkan Musik

relaksasi

Ketika kamu merasa kewalahan dengan kesibukan ini dan itu, beristirahatlah sebentar untuk menikmati musik. Pasang earphone dan nyalakan musik relaksasi, biasanya berupa instrumental lembut dan menenangkan. Tutup mata jika dibutuhkan. Tarik napas panjang beberapa kali selama musik bermain. Musik yang lembut dan tenang memiliki efek positif untuk otak dan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kortisol (hormon stress).

 

3) Curhat

relaksasi

Beberapa orang memang lebih suka menyendiri ketika mumet dan stress. Namun untuk beberapa kasus, ada baiknya kamu mencurahkan isi hati, masalah, dan kemumetan kepada seseorang. Bisa kepada teman dekat atau saudara, atau mengunjungi terapis dan psikolog yang lebih objektif. Terkadang kita merasa lebih baik hanya dengan kehadiran orang lain yang peduli, atau hanya membutuhkan pendengar.

 

4) Makan yang Bergizi & Bernutrisi

relaksasi

Stress dan depresi bisa membuat pola makan kita berantakan. Beberapa orang tidak memiliki nafsu makan sehingga mogok makan untuk beberapa lama, beberapa lagi merasa ingin melampiaskan kemumetannya dengan makan apapun sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kandungannya. Keduanya tidak lah baik. Meskipun sulit, paksa dirimu untuk makan dengan benar dan cukup. Karena ada beberapa kandungan makanan yang justru bisa andil dalam peningkatan perasaan tertekan dan stress. Percayalah, memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat akan membuatmu merasa lebih baik.

 

5) Tidur Cukup, Tidak Kurang dan Tidak Berlebihan

relaksasi

Salah satu isu wajar yang berhubungan dengan stress adalah kesulitan untuk tidur. Biasanya kita akan mengantuk di siang hari dan tidak bisa tidur di malam hari. Atau beberapa orang ada yang ingin tidur terus-terusan dan tidak ingin melakukan apapun. Semua hal yang bersifat ekstrim tidak pernah memberikan manfaat. Jadi, tidurlah dengan cukup. Kurang tidur ataupun kelebihan tidur akan menambah stress level-mu dan akan membuatmu merasa lebih parah dan tertekan. Konsultasikan siklus tidurmu pada dokter jika dibutuhkan.

 

6) “Lampiaskan” dengan Melakukan Hal Yang Kamu Sukai

relaksasi

Lakukanlah apa yang kamu suka. Mungkin beberapa waktu belakangan kamu telah melupakan hobimu karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Misalnya bermain dengan makeup, bermain badminton, basket, traveling, bernyanyi, melukis, atau berbelanja. Melakukan sesuatu yang kita suka atau yang membuatmu gembira akan meningkatkan hormon endorphin yang bisa membantu memperbaiki mood dan menurunkan hormon stress (kortisol).

 

7) Olahraga Rutin

relaksasi

Olahraga merupakan salah satu aktivitas relaksasi yang sangat efektif. Tidak hanya yoga, olahraga apapun akan membuatmu lebih baik. Percayalah. Memang benar, ketika kita stress, rasanya tenaga dan energi kita semua hilang entah kenapa. Padahal kita tidak melakukan apa-apa, tetapi kita selalu merasa capai dan letih. Paksa tubuhmu untuk bergerak dan berolahraga setiap hari secara rutin. Kamu akan berterimakasih pada dirimu sendiri. Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan hormon endorphin yang akan membuatmu puas dengan dirimu sendiri.

 

8) Meditasi

relaksasi

Kebanyakan merasa stress dan depresi karena terlalu banyak berpikir, menggunakan fokus untuk mengerjakan pekerjaan, dan jarang memberikan fokus untuk menikmati momen saat ini. Untuk itu, cobalah bermeditasi. Kamu akan kaget betapa rileksnya perasaanmu hanya dengan mengamati nafas. Duduk diam, tutup mata, dan berikan 100% fokusmu pada napas. Konsentrasi dan kesadaranmu akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya perasaan tenang, damai, dan tanpa beban.

 

Stress memang tidak nyaman dan sangat menyiksa. Namun bersabarlah, semua pasti ada jalan keluarnya. Hanya waktunya belum sampai saja. Jika kamu butuh pelampiasan, mungkin ada baiknya mengunjungi shop.excite.co.id untuk hunting produk favorit dan diskon besar-besaran. Kamu akan menemukan berbagai voucher diskon seperti voucher Lazada dan voucher Tokopedia. Ayo lampiaskan kemumetanmu dengan belanja hemat di SINI!

 

(Sumber: Healthline)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s