Jaga Berat Badan Anak Dengan Cara Ini

Meskipun sedang dalam masa pertumbuhan, penting juga untuk menjaga berat badan anak!

Tidak semua orangtua memahami pentingnya menjaga berat badan anak. Anak yang gemuk dan bulat memang lucu dan sangat menggemaskan. Beberapa kalangan percaya bahwa anak gemuk adalah tanda bahwa mereka berasal dari keluarga kaya dan bahagia, sedangkan anak yang tidak gemuk menandakan bahwa mereka miskin dan kekurangan makan. Meskipun stereotip tersebut sudah agak memudar, para orangtua kadang tidak tega menghentikan atau menolak anaknya yang minta makan ini itu. “Masih masa pertumbuhan”, merupakan alasan para orangtua tidak menjaga berat badan anak dan terus menuruti semua keinginan makan anaknya.

Padahal kegemukan atau obesitas tidak lah sehat, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Anak yang obesitas sejak kecil, biasanya akan obesitas juga ketika dewasa. Maka, penting sekali untuk menjaga berat badan anak. Selain rentan terhadap penyakit fisik, anak yang obesitas biasanya rendah diri dan tidak percaya diri. Kasihan, bukan? Padahal mudah banget loh untuk menjaga berat badan anak! Coba deh ikuti tips di bawah:

1) Minum Air Putih

berat badan

Menjaga berat badan anak akan sulit jika anak gemar minum minuman manis. Sejak kecil, biasakan anak untuk minum air putih lebih banyak dari minuman dengan pemanis tambahan. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Jika anak ingin minum sesuatu yang manis, kamu bisa membuatkan green juice yang bahan-bahannya adalah buah segar dan sayuran, tanpa pemanis tambahan.

 

2) Menjaga Pola Makan

berat badan

Jaga pola makan anak. Berikan contoh (dengan turut memiliki pola makan sehat) dan biasakan anak akrab dengan berbagai jenis sayuran. Sesekali boleh saja memberikan anak junk food, namun dibatasi. Sajikan pula snack sehat di rumah. Daripada memberikan anak kue-kue yang terlalu manis atau gorengan, ganti dengan apel, blueberry, strawberry, pisang, anggur, dan berbagai buah enak lainnya. Ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang dipanggang atau dibakar. Dengan demikian, anak akan terbiasa untuk mencari buah-buahan ketika ingin ngemil dan memilih makanan yang lebih sehat.

 

3) Sering Bermain di Luar

berat badan

Obesitas terjadi karena kalori yang diasup jauh lebih besar dibandingkan kalori yang dibakar. Sehingga kelebihan kalori tersebut disimpan dan tertumpuk-tumpuk dalam bentuk lemak. Untuk menjaga agar berat badan ideal, tentu penting untuk memastikan anak aktif bergerak untuk membakar kalori yang diasup. Ajaklah anak bermain di luar rumah, jangan hanya duduk diam menonton TV atau bermain gadget. Berjalan kaki ke taman atau lapangan dan biarkan anak berlari dan bermain dengan anak-anak lainnya. Selain berat badan akan terjaga, anak yang aktif secara fisik akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, dan tidak rewel di dalam rumah (karena energinya telah dihabiskan untuk bermain di luar). Namun penting untuk terus mengawasi anak selama bermain di luar, agar mereka aman dan tidak melukai diri sendiri maupun orang lain.

 

4) Tawarkan Reward “Aktif” Daripada Snack

berat badan

 

Terkadang ada kalanya kita memberikan sistem reward untuk membentuk perilaku tertentu yang kita inginkan. Supaya tidak repot, terkadang orangtua akan menawarkan reward berupa makanan manis atau yang tidak sehat, yang menjadi favorit anak. Salah satu trik untuk menjaga berat badan anak adalah dengan menawarkan reward aktif yang menyenangkan. Misalnya memberikan sepatu lari baru atau bola baru, membawa bermain outbound, berenang ke kolam renang, memberikan anjing, dan lain sebagainya.

 

5) Berikan Game Aplikasi yang Mengharuskan Anak Bergerak

Jika anak sangat melekat dengan gadget kamu, ada baiknya kamu mengakali dengan download aplikasi atau game yang menstimulasi anak untuk aktif bergerak. Berikut beberapa contohnya:

  • Sesame Street Family Play

berat badan

  • Push2play

berat badan

  • Pokemon GO

berat badan

Namun bermain semua aplikasi tersebut harus dalam pengawasan orangtua. Pastikan anak bermain di lingkungan yang aman, yang tidak memungkinkan mereka untuk menyakiti diri sendiri atau oranglain. Anak akan tetap aktif meskipun bermain dengan gadget kamu.

Bagaimana? Mudah, bukan? Memang butuh kreatifitas dan sedikit tenaga ekstra. Namun jika anak aktif bergerak dan sehat, maka kalian sebagai orangtua juga yang akan bahagia. Nah sekarang, yuk kunjungi point.excite.co.id! Di sana juga banyak misi download aplikasi gratis atau download game gratis, dan kamu bisa mendapatkan pulsa gratis terus-terusan! Tidak hanya itu, kamu bisa juga mendapatkan gadget gratis dan berbagai hadiah gratisan lainnya. Buruan kunjungi di SINI!

 

Sumber: Kalbe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s