10 Tips Hidup Hemat

pulsa gratis

Hidup hemat memang susah-susah gampang. Orang yang terbiasa hidup sederhana tidak akan merasa kesulitan dalam berhemat. Namun seiring berkembangannya jaman, budaya masyarakat menjadi lebih konsumtif. Kebutuhan tersier telah berubah menjadi kebutuhan primer. Contohnya pulsa, menjadi sesuatu yang sangat penting.  Syukur-syukur ada yang berbaik hati memberikan pulsa gratis. Jika tidak ada, ya harus beli sendiri

Kebanyakan orang merasa kurang terampil dalam mempertimbangkan dengan bijak kebutuhan mana yang termasuk primer, mana yang sekunder, mana yang tersier. Ditambah lagi dengan tuntutan sosial ini itu, contohnya kewajiban pacar laki-laki yang dianggap harus membayar semua-muanya ketika hang out dengan pacarnya. Waduh, gimana hematnya nih?  Nah, saatnya Excite memberikan 10 tips untuk berhemat! Tinggal dijalankan dengan rutin dan konsisten aja yah guyss! Cekidot :

pulsa gratis

1) Prioritas Biaya (Kebutuhan vs Keinginan)

Ini salah satu cara ampuh untuk menekan pengeluaran. Bagaimana caranya? Kamu harus memiliki list atau daftar prioritas keuangan. Misalnya, setiap mendapat jatah bulanan atau gaji, langsung disisihkan sekian % untuk makan hingga jatah berikutnya datang. Kemudian sisihkan lagi sekian % untuk bayar sewa atau cicilan (jika ada), dan sebagainya yang bersifat penting. Kamu bisa saja absen hang out di cafe mewah atau absen nonton di bioskop selama sebulan penuh, tetapi tentu kamu tidak bisa hidup tanpa makan selama sebulan penuh dong? Dan uang sewa dan cicilan merupakan hal yang wajib dibayar tiap bulan (tidak bisa ditunda). Nah, maka perlu banget kamu membedakan yang namanya kebutuhan dengan keinginan semata.

2) Siapkan Makan Sendiri

Memang agak merepotkan, namun masak dan menyiapkan makan sendiri akan memangkas biaya makan kamu hingga 50% loh! Selain kamu bisa berhemat, kamu juga bisa mengontrol apa saja yang kamu makan setiap harinya. Tentunya jadi lebih sehat dong! Jangan lupa, belanja bahan makanan di pasar tradisional akan lebih hemat dibandingkan di supermarket. Jangan malu dan takut untuk belanja di pasar, orang-orangnya baik-baik kok!

3) Jaga Kesehatan

Penting! Jagalah kesehatan sehingga kamu bisa menghemat biaya berobat. Sekarang ini biaya rumah sakit sungguh menyiksa dompet. Menerapkan gaya hidup sehat, selain bisa menambah usia, kamu juga bisa menghemat kantong. Pertama adalah menjaga makan. Dengan melakukan point sebelumnya (menyiapkan makan sendiri), tentunya kesehatan bisa lebih terjaga. Selain itu, penting juga untuk berolahraga rutin. Olahraga tidak perlu di fitness center kok. Bisa dengan naik-turun anak tangga, sit up, dan lain sebagainya yang bisa dilakukan di dalam rumah.

4) Bijak Dalam Belanja

Bijaksana dalam menghabiskan uang untuk belanja. Terkadang kamu bisa menemukan barang atau pakaian yang fungsinya sama atau mirip di pasar, tidak perlu di Mall atau Department Store. Satu lagi, terkadang belanja online juga lebih murah loh dengan promo diskon dan voucher potongan. Tetapi kembali lagi, harus dipertimbangkan list prioritas seperti di point pertama. Jika uang telah menipis dan kamu sedang lapar mata saja, mungkin ada baiknya ditahan dulu nafsunya.

5) Pengeluaran < Pendapatan (HARUS)

Pastikan total pengeluaranmu lebih kecil dibandingkan pendapatan. Jika pendapatan sekarang masih kecil, artinya pengeluaran juga harus diperkecil lagi. Sebisa mungkin hindari berhutang (kecuali untuk usaha), karena hidup dengan hutang tidak akan bahagia. Lebih baik kurangi pengeluaran dibandingkan dikejar-kejar hutang.

pulsa gratis

6) Boleh Liburan, tapi Cari Promo Murah

Meskipun sedang berhemat, tidak berarti kamu menghabiskan waktu mendem di rumah saja. Berliburlah, jelajahi dunia! Tidak perlu mahal kok. Dengan berbagai promo travel dan tiket, kamu bisa jalan-jalan ke kota atau negara lain dengan low budget. Misalnya dengan cara backpacker yang serba hemat. Bahkan beberapa orang merasa liburan layaknya backpacker lebih fun dan seru dibandingkan menggunakan group tour.

7) Jangan Remehkan Uang Receh

Terkadang di minimarket atau toko tertentu, kita akan menolak uang receh dengan alasan nilai yang kecil dan repot untuk menyimpan di dalam dompet. Eits, jangan remehkan uang receh loh! Contohnya Rp 200,- kita tolak di satu minimarket. Anggap kamu ke minimarket 2-3 kali sehari, artinya dalam sebulan kamu telah membuang Rp 12,000, atau Rp 144,000 setahun secara cuma-cuma. Padahal kan lumayan untuk beli pulsa. Rasa-rasanya jadi seperti mendapat pulsa gratis.

8) Menabung

Penting! Sisihkan sekian % dari pendapatanmu yang tidak boleh disentuh. Jatah tersebut hanya untuk disimpan atau ditabung. Kebanyakan orang langsung menghabiskan jatah bulanan atau gaji mereka hingga benar-benar habis, ini berbahaya. Jika ada kebutuhan dadakan seperti sakit, maka mereka tidak ada pilihan lain selain meminjam uang dengan pihak lain atau berhutang. Padahal jika kita menabung, kita bisa menghindari berhutang. Uang tabungan tersebut juga bisa diputar dan terus dikembangkan melalui investasi tertentu.

9) Investasi

Seperti yang dijelaskan di point ke-8, uang tabunganmu bisa kamu gunakan untuk mengikuti investasi tertentu. Contohnya reksa dana atau logam mulia, atau mungkin untuk membuka usaha seperti toko online dan sebagainya. Intinya adalah untuk melipatgandakan uang tabunganmu.

10) Cari Penghasilan Sampingan

Mencari penghasilan sampingan juga gampang-gampang susah. Banyak yang menawarkan bisnis baru atau pekerjaan sampingan yang ternyata kamu harus menghabiskan uang banyak, atau menguras terlalu banyak waktu. Maka itu, harus jeli sebelum menentukan sumber penghasilan tambahan. Memang dengan adanya penghasilan tambahan akan membantu mengatur keuangan dan bisa menambah kebutuhan. Bicara tentang penghasilan sampingan, kamu bisa coba Excite Point! Dengan aksi-aksi sederhana seperti daftar, download, review, dan sebagainya, kamu akan mendapatkan point yang nantinya bisa ditukarkan ke pulsa gratis, voucher, gadget gratis, dan berbagai hadiah lainnya. Lumayan banget kan!

Nah itu tadi adalah 10 tips untuk berhemat. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa daftar di Excite Point yah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s