5 Aneka Kopi Indonesia ini Ternyata Sudah di Kenal Dunia

Siapa sih yang tidak kenal kopi? Minuman pahit berkafein ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika disantap begitu saja (difilter, tanpa gula dan krimer). Ada dua macam jenis kopi yang dikelompokkan berdasarkan jenis tumbuhan yang menghasilkan, yaitu Robusta dan Arabica. Meskipun setiap orang memiliki preferensi rasa yang bervariasi, banyak yang berpendapat bahwa kopi Arabica memiliki kualitas dan rasa yang lebih nikmat dibandingkan Robusta. Hal ini mungkin dikarenakan kopi Arabica memiliki kadar kafein yang lebih sedikit. Tumbuhan penghasil kopi Arabica hanya tumbuh di dataran tinggi, dan biasanya membutuhkan perawatan ekstra dan lebih spesial untuk mempertahankan tumbuhan ini hingga panen. Berbeda dengan Robusta, kopi ini memiliki kadar kafein dua kali lipat lebih banyak dari kopi Arabica. Tumbuhan penghasil kopi Robusta juga dapat tumbuh dimana saja (liar), baik dataran rendah maupun dataran tinggi tanpa perlu perawatan khusus.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi ke-4 (empat) terbesar di Dunia. Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki jenis kopi terbaik yang sudah dikenal dunia? Nah untuk lebih jelasnya, berikut 5 kopi Nusantara yang telah dikenal dunia :

1.) Java Arabica Coffee

Kopi ini tumbuh di Tanah Jawa, Indonesia tepatnya di Kawah Idjen, Banyuwangi. Kopi ini memiliki kekentalan dan keasaman medium, juga kesan rasa yang agak pedas. Namun saat ditelan akan meninggalkan rasa manis dan lembut. Karena cita rasa kopi yang berkualitas ini, pada abad ke-18, di Pulau Jawa sudah berdiri perkebunan kopi yang didirikan Pemerintah Belanda.

2.) Sumatra Lintong Coffee

Terletak di Kabupaten Lintong Nihuta, di sebelah barat daya Danau Toba. Kopi Arabica ini memiliki aromanya yang khas dan memiliki rasa asam yang lebih segar. Kualitas kopi Lintong ini adalah salah satu kopi terbaik yang diakui dunia dengan perpaduan rasa gurih rempah-rempah dan rasa pedas. Tidak perlu jauh-jauh ke Sumatra untuk mendapatkan kopi ini, karena sudah banyak tersedia di coffee shop terkenal di Jakarta seperti Starbucks.

3.) Sulawesi Toraja Coffe

Kopi yang terkenal dengan multidimensi ini terletak disebuah Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Pegunungan Toraja. Toraja merupakan gudang Kopi terbesar di Wilayah Timur Indonesia. Kopi jenis Arabica ini memiliki keseimbangan antara aroma rasa coklat dan tingkat keasamannya, hingga membuat kopi ini paling banyak diekspor ke Mancanegara.

4.) Kintamani Coffee

Kebun Kopi ini terletak di Kintanami, Bali, tepatnya di Lereng Gunung Batur. Kopi jenis Arabica ini memiliki karateristik kekentalan serta keasaman medium, serta campuran rasa lemon dan aroma tumbuhan. Tujuan ekspor kopi Kintamani adalah Eropa, Jepang, Australia dan beberapa daerah Arab.

5.) Gayo Coffee

Kopi ini berasal dari Provinsi paling barat, yaitu Aceh. Tingkat kekentalannya yang ringan dan juga keasaman yang seimbang menjadi keunggulan tersendiri, dan pada saat ini Kopi Gayo berhasil menembus Eropa dan Amerika Serikat sebagai tujuan ekspornya.

Itu tadi hanyalah segelintir jenis kopi dari Indonesia yang sudah mendunia. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu juga dapat ikut melestarikannnya. Jika kamu ingin langsung cobain ke coffee shop nih, kamu bisa menemukan banyak voucher diskon coffee shop ternama seperti Old Town dan sejenisnya. Namun jika kamu tiba-tiba ngidam kopi tanpa mau repot-repot ke coffee shop atau supermarket, kamu bisa beli kopi online juga loh! Lebih enak pula, karena akan banyak promo diskon dan voucher diskon lainnya jika kamu belanja melalui Excite Shop! Lengkap deh!

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s