Siapa Bilang Permainan Lego Tidak Bermanfaat? Ini dia 5 Manfaatnya!

Siapa Bilang Permainan Lego Tidak Bermanfaat Ini dia 5 Manfaatnya
Source: lollylum

Halo Exciters!

Siapa diantara kamu yang masih inget dengan permainan Lego? Pasti diantara kalian yang pernah memainkan permainan ini akan berkata, buat apa bermain Lego? Jangan salah, ternyata permainan ini banyak manfaatnya, lho! Simak ulasannya, yuk!

Pengenalan warna, ukuran, bentuk.

Anak-anak yang bermain Lego dapat belajar mengenali perbedaan warna, ukuran, dan bentuk. Terlebih lagi jika balita yang dikenalkan dengan set Lego seperti Duplo. Selain itu, Lego juga dapat digunakan untuk mengajarkan berhitung dasar pada anak.

Koordinasi tangan-mata dan keahlian motorik.

Anak-anak yang memasang satu balok Lego pada balok lainnya akan belajar koordinasi tangan dan mata secara langsung. Bermain Lego secara terus-menerus juga mengasah kemampuan motorik anak. Semakin besar usianya, anak bisa belajar lebih banyak dengan Lego yang ukurannya lebih kecil. Kemampuan anak untuk memilih, mengontrol, menempatkan, dan menggerakkan benda berkembang dengan baik.

Kemampuan berbahasa.

Tentu saja, Lego tidak mengajarkan kemampuan bersosialisasi anak. Namun, jika mereka bermain Lego dengan orang dewasa atau dengan temannya, kemampuan berbahasa anak akan lebih terlatih. Pemasangan balok-balok Lego dapat membantu anak belajar menggunakan kata depan seperti “di atas,” “di bawah,” “di dalam,” “di atas” dan kata-kata yang mengekspresikan ukuran dan bentuk.

Anak-anak belajar mendengarkan instruksi dan perintah dan semakin besar sang anak, ia akan belajar mengekspresikan kata-kata ini. Anak-anak yang bermain membentuk set Lego juga akan belajar literasi. Jika ia ingin membangun model sesuai dengan boks Lego, anak harus mengikuti instruksi yang ada.

Kecerdasan spasial.

Bermain balok seringkali menjadi pengalaman pertama anak dalam memanipulasi objek tiga dimensi. Hal ini membuat bermain Lego menjadi ajang melatih dan mengembangkan kecerdasan spasial dan bentuk.

Logika dan kemampuan problem solving.

Sediakan beberapa balok Lego dan kita bisa menjadikannya ajang problem solving bagi anak. Dengan Lego, anak-anak belajar untuk mengikuti tahapan-tahapan sesuai logika berpikir yang runut. Ini bisa dilakukan dengan memberikan lembar instruksi sesuai boks Lego ataupun jika anak-anak membangun Lego sesuai imajinasinya. Lego memberikan pengenalan yang baik terhadap matematika, engineering,dan konstruksi melalui permainan yang menyenangkan bagi anak.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu dong apa saja manfaat untuk anak kita kelak saat bermain dengan Lego ini. Penasaran dengan mainannya dan ingin memilikinya? Beli aja langsung DISINI dan dapatkan point rewards yang bisa ditukarkan kembali dengan hadiah menarik secara GRATIS!

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s